Pengembangan Modul Sistematika Cryptogamae: Keanekaragaman Jenis Rumput Laut Di Dusun Labuhan Terata
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afikah, A., & Iryani, I. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Menggunakan Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing. Edukimia, 2(3), 122–127. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a143
Amile, J., & Reesnes, T. (2015). Research and development (R&D) methods in education: Theory and applications. Routledge.
Anggriany, N., Ratna Noer, E., Margawati, A., Pramono, A., & Anjani, G. (2024). Peran Senyawa Bioaktif Rumput Laut Terhadap Respon Glukosa Darah Pada Individu Obesitas: Literatur Review. Journal of Nutrition Cpllege, 13(3), 233–246. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/
Annisa, Laenggeng, Add. H., Alibasyah, L. M., & Lilies. (2021). Efek Lama Fermentasi Tempe Kedelai (Glycine max L.) Rumput Laut Terhadap Kandungan Protein dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar. Journal of Biology Science and Education, 9(2), 852–858. http://jurnal.fkip.untad.ac.id
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Baene, S. J. (2024). Pengembangan Modul Peluang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 8(1), 5856–5862.
Bahtiar, R. D. A. A. (2022). Pengembangan Media Video Interaktif Berorientasi Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Hubungan Ekosistem dengan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 5 SD. 10(6), 1236–1247.
Cynthia, C., Arafah, K., & Palloan, P. (2023). Development of interactive physics E-module to improve critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3943–3952. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2302
Efendi, R. (2024). Analisis Hasil Uji Keterbacaan Petunjuk Praktikum Ekologi: Studi Kasus dengan Partisipasi 15 Mahasiswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 101–108. https://doi.org/10.36312/educatoria.v4i3.296
Fahruddin, M., Ilyas, A. P., Aldi, D., Kautsari, N., Saputra, A., Rhismanda, A., Rahmat Jondani, D., Fajri, M., Rikardus, R., & Hakim, L. (2024). Coral Reef Transplantation in Sejangan Island Waters Labuhan Kuris Village Sumbawa Distict. Journal of Maritime Empowerment, 7(1), 1–7. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jme
Hamdani, H., & Rahmawati, F. (2021). Hasil Uji Keterbacaan Modul 6M Berbasis Project Based Learning pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Brangrea. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 548. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4352
Janiarta, M. A., Safnowandi, & Armiani, S. (2021). Struktur Komunitas Mangrove di Pesisir Pantai Cemara Selatan Kabupaten Lombok Barat sebagai Bahan Penyusunan Modul Ekologi. BIOMA, 3(1), 60–71.
Kautsari, N., & Ahdiansyah, Y. (2015). Carrying Capacity and Site Suitability of Labuhan Terata Waters of Sumbawa During Transition Season. ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences, 20(4), 233–238. https://doi.org/10.14710/ik.ijms.20.4.233-238
Khotimah, K., Hastuti, U. S., Ibrohim, & Suhadi. (2021). Developing microbiology digital handout as teaching material to improve the student’s science process skills and cognitive learning outcomes. Eurasian Journal of Educational Research, 95, 80–97. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.5
Mursali, S., Hastuti, U. S., Zubaidah, S., & Rohman, F. (2023). Development of a Moodle-Assisted Guided Inquiry Model for General Biology E-Learning to Enhance the Student’ Critical Thinking Dispositions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 280–291. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.6282
Niken, & Gusti, F. R. (2018). Tahap Analisis Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Biologi untuk Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Kesehatan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan Sains, IAIN Batusangkar, 4(2), 12–18. https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i2.3016
Nurfalilah, & Novia, R. (2024). Kimantan Timur Seaweed Identification in Maratua Island Waters Bontang City, East Kalimantan. Juvenil, 5, 346–353. https://doi.org/10.21107/juvenil.v5i4.25254
Prasedya, E. S., Husodo, D. P., Abidin, A. S., Sofian, N., Kurniawan, H., Tri, B., Ilhami, K., Alibiah, I., Kirana, P., Nikmatullah, A., Widyastuti, S., & Jupri, A. (2022). Pembimbingan Pembuatan Pupuk Organik Rumput Laut Sederhana dan Pentingnya Kualitas Sanitasi Lingkungan dalam Rangka Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1245
Ramadhani, A. R. D., Asri, M. T., & Purnama, E. R. (2021). Profile And Theoritical Validity Of Booklet In Cell To Train Understanding Of Concepts Of 11 Th Grade Senior High School Students. Bioedu, 10(2), 275–282. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Ratumanan, G. T., & Laurens T. (2011). Assessment of learning outcomes at the level of education units (2th Ed.). Unesa University Press.
Reiser, R. A., & Mollenda, M. (1990). Instructional design models and processes. Educational Technology Publications.
Hartini, Y. S., Dwiatmaka, Y., Setiawati, A., Tri Wulandari, E., Desiana Pranatasari, F., Hartanto Nugroho, L., & Sudewi Fajarina, M. (2024). Edukasi Pengenalan, Pemanfaatan, dan Pengolahan Tanaman Obat sebagai Pembelajaran Kontekstual pada Siswa SMA. Madaniya, 5(4), 1919–1926. https://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/1021
Yunita, V., Sajinah, & Yarno. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis ADDIE pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 9(1), 115–122.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.13978
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia