Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Sirkulasi Fase F SMA/MA

Dwi Indah Kurniawati, Siska Nerita, Annika Maizeli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik interaktif berbasis discovery learning pada materi sistem sirkulasi untuk siswa Fase F SMA/MA yang valid dan praktis, guna memperbaiki kekurangan dalam LKPD cetak dan memanfaatkan media pembelajaran elektronik. Studi ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D, yang mencakup empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini, tahap penyebaran tidak dilakukan. Instrumen penelitian terdiri dari angket validitas digunakan untuk uji validitas yang dilakukan oleh tiga dosen, sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 guru biologi dan 35 siswa di SMAN 16 Padang. Analisis dapat menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) data uji validitas oleh dosen memiliki nilai sebesar 83,15% (sangat valid), (2) data uji praktikalitas oleh guru memperoleh nilai sebesar 81,33% (sangat praktis), (3) data uji praktikalitas oleh peserta didik menghasilkan nilai 89,11% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik interaktif berbasis discovery learning pada materi sistem sirkulasi untuk Fase F SMA/MA dinilai valid dan praktis.

Keywords


LKPD elektronik, discovery learning, sistem sirkulasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cholidiyah, A. C. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta Didik Kelas VII. Etheses UIN Malang, 8.5.2017, 2003–2005.

Derta, E. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Fase E SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi, 4. https://digilib.upgrisba.ac.id/index.php?p=show_detail&id=28589

Estitika, E., Haryanto, H., & Murni, P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fungi Kelas X SMA. Biodik, 8(1), 60–71. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15105

Haloho, S. H., Prambudi, A., & Hidayah., I. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM. Inovasi Pendidikan Kimia, 2:821–27.

Idrus, H. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Repository UNP, 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Karo-karo, S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Journal UINSU, Vol. VII, 91–96.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2022). Analisis Bahan Ajar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 2022. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mahrawi, M., Usman, U., & Setiani, A. R. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi sebagai Bahan Ajar pada Materi Sel. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 96–104. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.69

Pane, R. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Virus Fase E Di SMA/MA. Sarjana Thesis.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik : Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, R. K. (2023). Teori Merdeka Belajar Menurut Para Ahli. Jakarta : Quena.

Pristiyono, E., Herpratiwi, H., Jalmo, T., & Hartono, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5265–5275. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1792

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Ratnadiya, R. (2023). Pengembangan E-LKD Interaktif Berbasis Discovery Learning Materi Ekosistem Untuk Fase F SMA/MA. Journal of Engineering Research.

Salmina, M., & Mustafa. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi dimensi tiga dengan bantuan video pembelajaran. Jurnal Numeracy, 6(2), 247–254.

Sani, R. . (2013). Inovasi Pembelajaran (Vol. 16, Issue VIII). Jakarta: Bumi Baskara. https://doi.org/10.21009/pip.162.11

Sari, A. A., & Purwaningsih, D. (2019). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dengan Liveworksheets Pada Materi Asam Basa. Jurnal Ilmiah WUNY, 5(2), 13–26. https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/66387

Selfia, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Kontekstual Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Siswa Sd/Mi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Tubagus, E. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bioteknologi Fase E SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi, 4.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Wahyuningtyas, N., Kurnia Putra, A., Mutia, T., & Wijayanto, B. (2023). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Dengan Hybrid Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Project-Based Students Worksheet To Enhance Students’ Pancasila Profile in Hybrid Learning. Jurnal Praksis Dan Dedikasi (JPDS, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um022v6i1p1-8




DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.12747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia