Pengembangan Penuntun Praktikum Materi Mobilitas Pada Manusia Kelas XI SMA/MA dengan Pendekatan Inkuiri Bebas Dimodifikasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Akker, Jan Van den, Brenda Bannan, Anthony E.Kelly, and Tjeerd Nieveen, Nienke dan Plomp. 2013. “Educational Design Research.” Juournal Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO.
Bara, Liza Handayani Batu, Parulian Sibuea, Aulia Meylani, Dila Rizki Amanda, Alya Natasya, and Elfina Wetty. 2023. “Strategi Penyusunan Langkah Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7.
Candra, R., and Dian H. 2020. “Penerapan Praktikum Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Kerja Peserta Didik Di Laboratorium IPA.” Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 6((1)):Universitas Ahmad Dahlan.Yogyakarta. doi: 10.32923/edugama.v6i1.1289.
Damopolii, I., Ani H., and Novri K. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Bebas Dimodifikasi Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan.” Jurnal Natural. doi: 10.30862/jn.v13i3.726.
Haerani, S. A. S., Dadi S., and Dewa A.C.R. 2020. “Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains.” Jurnal Pijar Mipa 15. doi: 10.29303/jpm.v15i2.1682.
Handayani, D., and Agus S. 2020. “Pengembangan Praktikum Kimia Organik 1 Menggunakan Aplikasi Adobe Flash.” PENDIPA Journal of Science Education. doi: 10.33369/pendipa.4.2.58-65.
Handayani, P. H., Sariana M., and Srinahyanti. 2019. “Validitas Bahan Ajar Sains Berorientasi Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 9(4). doi: 10.24114/esjpgsd.v9i4.16383.
Madina, L. O., Maya P., Fensca F. Lahallo., Frits R., and Aram P. 2019. “Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Berkomunikasi.” Journal of Dedication to Papua Community. doi: 10.34124/jpkm.v2i2.47.
Magdalena, I., Tini S., Silvi N., Dinda A. A., and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Nazila, N. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Soccio-Scientific Issue Pada Materi Pemanasan Global.” Jurnal Program Studi Pendidikan IPA.
Ningsi, A. P., Sri P., and Darmaji. 2021. “Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu Dan Kalor Untuk SMP/MTs.” Jurnal EDUMASPUL 5(1):242–251 Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Indon.
Primasari, R., Zulfiani, and Yanti H. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se Jakarta Selatan.” EDUSAINS VI(1):UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Bandung.
Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.
Sukma, L.K., and Muliati S. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.” Jurnal Saintifika 18.
Suryaningsih, Y. 2017. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proese Sains Dalam Materi Biologi.” Jurnal Bio Education 1. doi: 10.24014/konfigurasi.v1i2.4537.
Susanti, S. 2018. “Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Tumbuhan Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung.” Pendidikan Biologi. UIN Raden Intan. Lampung
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.12188
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia