Pengembangan Penuntun Praktikum Materi Mobilitas Pada Manusia Kelas XI SMA/MA dengan Pendekatan Inkuiri Bebas Dimodifikasi

Nurhadi Nurhadi, Annika Maizeli, Mimin Mardhiah Zural, Mayeni Mayeni

Abstract


Kegiatan praktikum biologi materi mobilitas pada manusia kelas XI SMA/MA siswa menggunakan buku teks biologi yang disediakan di perpustakaan, dan lembar kerja yang ditulis oleh guru pada kertas double folio sebagai pedoman kegiatan. Ketersediaan buku biologi di perpustakaan tidak begitu mencukupi sehingga tidak semua siswa mampu memanfaatkan buku tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pentunjuk praktikum materi mobilitas pada manusia kelas XI SMA/MA dengan pendekatan inkuiri bebas dimodifikasi yang valid, layak, dan efektif. Studi ini merupakan penelitain pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu, tahapan pendahuluan (preliminary research phase), tahapan prototip (prototyping phase), dan tahapan penilaian (assesment phase). Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kelayakan adalah angket dengan Skala likert. Uji efektifitas sikap siswa dinilai dengan lembar penilaian observasi sikap, dan uji efektifitas keterampilan dengan penilaian laporan praktikum. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa penuntun praktikum sangat valid (92.25%), sangat layak (91.10%) pada one to one, sangat layak (91.5%) pada small group, sangat mudah (97.88%) oleh guru, dan sangat mudah (83.53%) oleh peserta didik. Hasil uji lapangan diperoleh bahwa penuntun praktikum pada aspek sikap sangat efektif (97.06%) dan aspek keterampilan sangat efektif (85.46%).

Keywords


petunjuk praktikum, mobilitas pada manusia, inkuiri bebas dimodifikasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Akker, Jan Van den, Brenda Bannan, Anthony E.Kelly, and Tjeerd Nieveen, Nienke dan Plomp. 2013. “Educational Design Research.” Juournal Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO.

Bara, Liza Handayani Batu, Parulian Sibuea, Aulia Meylani, Dila Rizki Amanda, Alya Natasya, and Elfina Wetty. 2023. “Strategi Penyusunan Langkah Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7.

Candra, R., and Dian H. 2020. “Penerapan Praktikum Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Kerja Peserta Didik Di Laboratorium IPA.” Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 6((1)):Universitas Ahmad Dahlan.Yogyakarta. doi: 10.32923/edugama.v6i1.1289.

Damopolii, I., Ani H., and Novri K. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Bebas Dimodifikasi Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan.” Jurnal Natural. doi: 10.30862/jn.v13i3.726.

Haerani, S. A. S., Dadi S., and Dewa A.C.R. 2020. “Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains.” Jurnal Pijar Mipa 15. doi: 10.29303/jpm.v15i2.1682.

Handayani, D., and Agus S. 2020. “Pengembangan Praktikum Kimia Organik 1 Menggunakan Aplikasi Adobe Flash.” PENDIPA Journal of Science Education. doi: 10.33369/pendipa.4.2.58-65.

Handayani, P. H., Sariana M., and Srinahyanti. 2019. “Validitas Bahan Ajar Sains Berorientasi Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 9(4). doi: 10.24114/esjpgsd.v9i4.16383.

Madina, L. O., Maya P., Fensca F. Lahallo., Frits R., and Aram P. 2019. “Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Berkomunikasi.” Journal of Dedication to Papua Community. doi: 10.34124/jpkm.v2i2.47.

Magdalena, I., Tini S., Silvi N., Dinda A. A., and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Nazila, N. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Soccio-Scientific Issue Pada Materi Pemanasan Global.” Jurnal Program Studi Pendidikan IPA.

Ningsi, A. P., Sri P., and Darmaji. 2021. “Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu Dan Kalor Untuk SMP/MTs.” Jurnal EDUMASPUL 5(1):242–251 Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Indon.

Primasari, R., Zulfiani, and Yanti H. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se Jakarta Selatan.” EDUSAINS VI(1):UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Bandung.

Sudijono, A. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.

Sukma, L.K., and Muliati S. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.” Jurnal Saintifika 18.

Suryaningsih, Y. 2017. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proese Sains Dalam Materi Biologi.” Jurnal Bio Education 1. doi: 10.24014/konfigurasi.v1i2.4537.

Susanti, S. 2018. “Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Tumbuhan Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung.” Pendidikan Biologi. UIN Raden Intan. Lampung




DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.12188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia