Pengembangan Media Augmented Reality Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Bandar Setia Ujung
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, VIII(2), 47-57. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019
Daulay, N. (2019). Psikologi Pendidikan dan Permasalahan Umum Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.
Fakhrudin, A., Sri, Y., & Riyadi, R. (2019). Implementation of Augmented Reality Technology in Natural Sciences Learning of Elementary School to Optimize the Students Learning Result. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.24071/ijiet.v3i1.814
Fatimah, S., Setiawan, W., Juniati, E., & Surur, A. S. (2019). Development of Smart Content Model-based Augmented Reality to Support Smart Learning. Journal of Science Learning, 2(2), 65-70. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.16204
Hadi, I. A. (2017). Pentingnya Pengenalan tentang Perbedaan Individu Anak dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi, 1(1), 71-92. https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i1.5
Handika, Y. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Augmented Reality pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Herlina, H. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 215-230. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13340
Hidayah, A. M. (2019). Pengembangan Komik Sistem Saraf Terintegrasi Nilai-nilai Islam sebagai Media Pembelajaran Biologi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158-166. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Kristian, M., Fitri, I., & Gunaryati, A. (2020). Implementation of Augmented Reality for Introduction to Android Based Mammalian Animals Using the Marker Based Tracking Method. Jurnal Informatika dan Sains (JISA), 03(01), 1-6. https://doi.org/10.31326/jisa.v3i1.623
Kurniawan, R., Kurniasari, F., & Rakhmawati, R. (2021). Pengembangan Animasi Virtual Karakter Anak dengan Autisme dengan Model ADDIE. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 10(1), 32-40. https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i1.894
Mubai, A., Rukun, K., Giatman, M., & Edidas, E. (2020). Needs Analysis in Learning Media Development Based on Augmented Reality (AR) for Computer Network Installation Courses. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(1), 1-10.
Murdhani, I. D. A. S., Saraswati, I. D. A. I., & Sholeh, M. (2023). Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Organ Manusia Melalui Augmented Reality dengan Menggunakan Aplikasi Unity. Jurnal Sutasoma, 01(01), 111-119. https://doi.org/10.58878/sutasoma.v1i2.193
Mustaqim, I., Irwansyah, A., & Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 4(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i1.24150
Leliavia, L. (2023). Literature Review: Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) sebagai Inovasi di Era Revolusi Industri 4.0. Khatulistiwa Profesional: Jurnal Pengembangan SDM dan Kebijakan Publik, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.62099/khapro.v4i1.41
Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh Metode Mind Map dengan Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 71-87. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i2.68
Pratama, G. N. I. P., Triyono, M. B., Hasanah, N., & Ramadhan, M. A. (2022). Mapping the Utilization of Augmented Reality Media in Vocational Education in Diy Using K-Means. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 11(3), 271-281. https://doi.org/10.21009/jpensil.v11i3.26776
Rejekiningsih, T., Maulana, I., Budiarto, M. K., & Qodr, T. S. (2023). Android-based Augmented Reality in Science Learning for Junior High Schools: Preliminary Study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 630-637. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.23886
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39-47. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926
Rukayah, R., Daryanto, J., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., Saputri, D. Y., & Salimi, M. (2022). Augmented Reality Media Development in STEAM Learning in Elementary Schools. Ingenierie Des Systemes d’Information, 27(3), 463-471. https://doi.org/10.18280/isi.270313
Samsudin, S., Zufria, I., & Triase, T. (2022). Augmented Reality of Rasulullah SAW Traces in Receiving the Revelation of the Qur’an. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 12-17. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3698
Surya, R. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Proses Sains, Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Bertanya pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 5 Langsa. Jurnal Biolokus, 3(1), 234-244. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.671
Tarmizi, A. K., Hasbiyati, H., & Hakim, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia pada Mahasiswa Semester VI Pendidikan Biologi. Jurnal Bioshell, 9(2), 37-40. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.764
Triningtyas, D. A. (2016). Studi Kasus tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya dan Upaya Memperbaiki dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-12. http://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239
Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus, 1(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i1.314
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11808
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia