Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis PjBL (Project Based Learning) pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI IPA SMA/MA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afkar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4D pada Materi Mitigasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 135-147. http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i22017p135
Apriyansyah, R. M., Sambowo, A. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Teknik Pendidikan Sipil, 9(1), 8-18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Ariningsih, N. L. T., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 248-261. https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i4.214
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Bulu, Y. K., Triwahyudianto, T., & Sulistyowati, P. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa SD. Paper Knowledge (Toward a Media History of Documents). Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Darmayanti, N. W. S. I. K., Wisnu, B. W., & Haifaturrahmah, H. (2020). Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu Berdekatan Literasi Saintifik dengan Berorientasi pada Lingkungan Sekitar. Bali: Nilacakra.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Reseach, 3(3), 285-291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Faadilah, A. N. (2020). Pengembangan Media Animasi Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Eksresi Kelas VII di SMP Negeri 22 Surabaya. Skripsi. Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1-16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Habis, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Pemanfaatan Multimedia Interaktif, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PjBL (Project Based Learning). In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar (pp. 1-13). Jakarta, Indonesia: Universitas Negeri Jakarta.
Indah, S. N. (2021). Pengembangan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Jumahaeni, D. I. A. I. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Skripsi. Universitas Pendidika Ganesha.
Khoiriyah, E., Azizah, Z., & Muhid, A. (2021). Program Layanan Bimbingan Klasikal Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid – 19: Literature Review. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 4(1), 11-19. https://doi.org/10.36835/jbkp.v4i1.945
Kwarrie, Y. N. P., Liliana, L., & Radion, K. (2015). Media Interaktif Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Infra, 3(2), 247-252.
Mariamah, S., Bachtiar, B., Muhammad, Y., & Indrawati, I. (2021). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Profesi Kependidikan, 2(1), 125-130. https://doi.org/10.31849/paudlectura.c5i03.10670
Munir, M. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Okpatrioka, O. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pangemanan, L. M. W., Warouw, Z. W. M., & Dungus, F. (2023). Video Animasi Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 57-68. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.370
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9-19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD pada Materi Makanan dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235-243. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4817
Rusman, R. (2017). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10-16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843
Sari, S. L., Widyanto, A., Widyanto, W., & Kamal, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Kelas XI di SMA Negeri 5 Banca Aceh. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (pp. 476-485). Banda Aceh, Indonesia: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198-203. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239
Sugiyono, S. (2015). Statistika Penelitian. Bandung. CV. Alfabeta.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Suryani, N., Setiyawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung Barat: PT. Remaja Rosdakarya.
Vegatama, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash dan Powerpoint pada Pembelajaran Langsung terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Journal Chemistry Education, 1(2), 68-76. https://doi.org/10.30862/accej.v1i2.73
Wahidin, U., & Ahmad, S. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-66. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.222
Widiyasanti, M., & Ayriza, A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(8), 1-16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wuryanti, U., & Kartowigran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232-245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11751
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia