Analisis Pelaksanaan Rujukan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Mataram
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Alawi, M., Junadi, P., & Latifah, S. N. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingginya Rujukan Kasus Non Spesialistik Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Puskesmas di Kabupaten Sukabumi Tahun 2015. Jurnal Ekonomi Kesehatan, 2(1), 17-23. http://dx.doi.org/10.7454/eki.v2i1.1954
Andiaswaty, H., Nyorong, M., & Hadi, A. J. (2020). Analisis Pelaksanaan Rujukan Pasien Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 143-147. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1084
Astuti, H., & Sujarwoko. (2022). Efektifitas Penerapan Program Sistem Informasi Manajemen Puskesmas pada Puskesmas Mataram Tahun 2022. Nusadaya : Journal of Multidiciplinary Studies, 1(4), 32-38.
Buwono, P. W., Sofiana, N. A., Sjahruddin, C., Diana, E. S., Mansyah., Rizal, E., Hendrarto., Baharuddin, M., Juniastuti, D., Sudarsono., & Rulliyansyah. (2016). Penataan Sistem Pelayanan Kesehatan Rujukan. Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia.
Efendi, I., Sukri, A., & Safnowandi, S. (2021). Workshop Pembuatan Preparat Semi Permanen sebagai Media Pembelajaran bagi Guru Biologi di MA NW Kayangan Kabupaten Lombok Barat. Nuras : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.36312/njpm.v1i1.2
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Mukti, T. C. (2017). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 14-26.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurlan, N., Fitriadi, I., Safnowandi, S., Lukitasari, D., & Suadi, T. (2023). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Pemahaman Deteksi Dini Gejala Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Nuras : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 72-78. https://doi.org/10.36312/nuras.v3i2.184
Pamungkas, G., & Kurniasari, N. (2019). Hubungan Kelengkapan Sarana dan Prasarana Puskesmas dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Melong Asih Kota Cimahi Tahun 2019. Immanuel : Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(2), 60-69. http://dx.doi.org/10.36051/jiki.v13i2.92
Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nomor 2 Tahun 2015 tentang Norma Penetapan Besaran Kapitasi dan Pembayaran Kapitasi Bebasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. 2015. Jakarta: Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 001 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan. 2012. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. 2016. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Purwandari, F., Rahmalia, S., & Sabrian, F. (2014). Efektifitas Terapi Aroma Lemon terhadap Penurunan Skala Nyeri pada Pasien Post Laparatomi. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1-6.
Ramadhani, S. N. (2020). Studi Literatur: Analisis Faktor Penyebab Tingginya Angka Rujukan di Puskesmas pada Era JKN. Media Gizi Kesmas, 9(2), 57-66.
Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 8(1), 32-43. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.10226
Safnowandi, S., Abidin, Z., Dewi, I. N., Efendi, I., & Utami, S. D. (2022). Pelatihan Pengolahan Jagung bagi Masyarakat Dusun Senyiur Kabupaten Lombok Timur. Nuras : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.36312/njpm.v2i1.49
Saprilliani., Ginting, R., & Girsang E. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Angka Rujukan Pasien Peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Puskesmas Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Hidup, 4(1), 1-9.
Shubhan, H., Kagramanto, L. B., & Santoso, U. (2018). Rancangan Model Optimalisasi Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga.
Simanjuntak, L., Lie, D., Efendi., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Kerjasama Tim terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Pematangsiantar. Sultanist : Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 12-24. https://doi.org/10.37403/sultanist.v6i1.111
Thabrany, H., Setiawan, E., Puteri, G. C., Qodarina, U. K., Pujiastuti, A. S., Aisyah, W., Gadistina, W., & Martiningsih, D. (2017). Studi Evaluasi Penyelenggaraan Sistem Rujukan Berjenjang Era JKN-KIS. Jakarta: BPJS Kesehatan Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.10595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia