Kelayakan Perangkat Pembelajaran Model Teams Games Tournament Berbantuan Question Card pada Materi Sistem Reproduksi di SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Afandi., Sajidan., Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development Frameworks of the Indonesian Partnership 21st-Century Skills Standards for Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89-100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficuients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Amin, T. A., Yahya, M., & Caronge, M. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membiakkan Tanaman secara Vegetatif pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4(2), 73-81. https://doi.org/10.26858/jptp.v4i2.6614
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction Fourth Edition. New York: Longman Inc.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Qalbi, U. N., R, M., Jufri., & Yusri. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments dalam Ketrampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1), 67-72. https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4882
Siskayanti, W. D., Nurhidayati, S., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dipadu dengan Teknik Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 2(2), 94-112. https://doi.org/10.36312/pjipst.v2i2.76
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiata, I. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78-87. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
______. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumarno., & Wustqa, D. U. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi pokok Kalkulus SMA Kelas XI Semester 2. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 257-267. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2680
DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.10177
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Editorial Address: Pemuda Street No. 59A, Catur Building Floor I, Mataram City, West Nusa Tenggara Province, Indonesia