Strategi Pengawasan Sarana dan Prasarana di Madraasah Aliyah Al-Ikhsan Sumber Jaya Kecamatan Belitang II-Ogan Komering Ilir Timur

Saipul Annur, Ibrahim Ibrahim, Sinta Wati

Abstract


Abstract: This research discusses the "Supervision Strategy for Facilities and Infrastructure at MA Al-Ikhsan Sumber Jaya, Belitang II District." The objective of this research is to describe how the supervision strategy for facilities and infrastructure is implemented at MA Al-Ikhsan Sumber Jaya. This research employs qualitative research with a descriptive approach, and the main informants in this study are the school principal and the head of facilities and infrastructure. Data collection techniques used include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Research data validity is assessed through source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. Based on the analysis, the supervision strategy for facilities and infrastructure is functioning effectively, and there have been changes and improvements as a result of the strategy and supervision. Firstly, environmental supervision identification has been conducted, which involves summarizing, reducing, and narrowing down information by reporting to the school principal and consulting with multiple informants to gather relevant information. Secondly, the formulation of the strategy has been well executed, encompassing steps such as preparing alternative strategies, planning supervision strategies, determining supervision strategies, and conducting evaluations. Thirdly, the selection of suitable strategies for overseeing facilities and infrastructure, with the school principal delegating responsibilities to the head of facilities and infrastructure. Fourthly, the use of supervision strategies, which includes planning, decision-making, implementation, and evaluation.

Keywords: Strategy, Supervision, Facilities, and Infrastructure

Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai “Strategi Pengawasan Sarana dan Prasarana di MA Al-Ikhsan Sumber Jaya Kecamatan Belitang II”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pengawasan sarana dan prasarana di MA Al-Ikhsan Sumber Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskrrptif, dan infoman utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data penelitian dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis bahwa srategi pengawasan sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik dan ada perubahan dan peningkatan yang terjadi dengan adanya strategi dan pengawasan yang, Pertama, Identifikasi lingkungan pengawasan sudah dilakukan yakni menyimpulkan, mereduksi, dan mempersempit informasi itu dengan cara melakukan pelaporan ke kepala madrasah dan melakukan musyawarah dengan beberapa informan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Kedua, perumusan strategi sudah dilakukan dengan baik yakni langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan penilaian pengawasan yang pertama melakukan persiapan strategi alternative, perencanaan strategi pengawasan, menetapkan strategi pengawasan, dan melakukan evaluasi. Ketiga, melakukan pemilihan strategi yang cocok untuk digunakan dalam pengawasan sarana dan prasarana. Dan untuk hal ini kepala sekolah melakukan sistem delegasi ke waka sarana dan prasarana. Keempat, penggunaan strategi pengawasan dalam hal ini melakukan perencanaan, penentuan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Kata Kunci: Strategi, Pengawasan, Sarana dan Prasarana


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Aprapti, I. A. G., Ginting, R. T., & Premierita, N. P. (2017). Analisis Kebutuhan Informasi Pengguna di Perpustakaan SMK Negeri 3 Denpasar. … Ilmiah D3 Perpustakaan. https://ojs.unud.ac.id/index.php/d3perpus/article/download/33294/20144

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta). Ar Ruzz Media.

Herlambang. (2015). Sistem Informasi: Konsep, Teknologi & Manajemen. Graha Ilmu.

Ibrahim, Choirun Niswah, S. D. J. (2023). Analisis Proses Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Disekolah Jambura Journal of Educational Management. September, 262–271.

Ibrahim, Badaruddin, K. M. S., & Ridiana, P. (2023). Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(September), 239–250.

Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578

Kurniadi, D., & Machali, I. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep Prinsip Pengelolaan. Ar Ruzz Media.

Matin, & Fuad, N. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana. Rajawali Press.

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. PT. Remaja Rosda Karya.

Priansah, D. J. (2017). Konsep, Peran, Strategis dan Pengembangannya. Pustaka Seni.

Simamora, B. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Wheelen, T., & Hunger. (2003). Manajemen Strategis. Andi Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.