ANALISIS BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA TK NEGERI 7 TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Abstract
Abstract: The objectives of this research are to find out the picture storybook model based on local wisdom on students' learning motivation and understanding of concepts, know the application of the picture storybook model based on local wisdom on students' learning motivation and concept understanding and want to know the effect of using storybooks. Illustrations based on local wisdom on students' learning motivation and understanding of concepts at TK Negeri 7 Taliwang. The research method used in this qualitative research. The data collection procedures used were observation, interviews, and documentation, which were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion. Observation results showed that students were motivated and had an increased understanding of concepts in learning, with an increase in the second and third meetings. In contrast, interview results showed that teachers were very enthusiastic and interested in using picture storybooks based on local wisdom. This research concludes that using picture storybooks based on local wisdom influences students' learning motivation and understanding of concepts at TK Negeri 7 Taliwang, as seen from the students' enthusiasm in listening because it is a new experience for them.
Key Words: Local, Learning Motivation, Concept Understanding.
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui model buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik, ingin mengetahui penerapan model buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik, dan ingin mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik di TK Negeri 7 Taliwang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil observasi didapatkan, peserta didik termotivasi dan meningkatnya pemahaman konsep dalam belajar dengan adanya peningkatan pada pertemuan kedua dan ketiga, sedangkan hasil wawancara didapatkan guru sangat antusias dan tertarik dalam menggunakan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik di TK Negeri 7 Taliwang,
Full Text:
PDFReferences
Alsamadani, H. A. (2017). The Effect of Talking Story Books on Saudi Young EFL Learners’ Reading Comprehension. English Language Teaching, 10(5), 204. https://doi.org/10.5539/elt.v10n5p204
Borich, G. D. (2016). Observation Skills for Effective Teaching: Research-Based Practice: Seventh Edition. In Observation Skills for Effective Teaching: Research-Based Practice: Seventh Edition. Taylor and Francis Inc. https://doi.org/10.4324/9781315633206
Bower, V. (2017). Developing Early Literacy 0 to 8: From Theory to Practice. In Developing Early Literacy 0 to 8: From Theory to Practice. SAGE Publications, Ltd. https://doi.org/10.4135/9781473921658
Budiyanto. (2018). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. In Sereal Untuk (Vol. 51). Jakarta: Prenada Media Group.
Fitriani, N., & Joni. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Cerita Bergambar Anak Kelompok B TK Ayu Smart Kids Batubelah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1). Retrieved from https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/view/31/25
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. Retrieved from https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190
Lenhart, J., Lenhard, W., Vaahtoranta, E., & Suggate, S. (2018). Incidental vocabulary acquisition from listening to stories: a comparison between read-aloud and free storytelling approaches. Educational Psychology, 38(5), 596–616. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377
Lestari, M. A., Elianti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa SD Kelas Rendah. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(02), 134–144.
Machado, J. M. (2013). Early childhood experiences in language arts package. Wadsworth.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini | Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Marini, T., & Rukiyati. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Minangkabau Untuk Meningkatkan Pengetahuan Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/68019/
Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327
Muhiri, Dewi, T. M., & Karina, R. M. (2021). Developing Environment Based Picturial Storybook Media for Grade IV Students of SDN 013 Karimun. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1288–1297.
Mutoharoh. (2020). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Pembelajaran Coding. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1), 28–37. Retrieved from http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf
Nisa, K., Karma, I. N., Nurhasanah, & Kusuma, A. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Mengembangkan Rpp Berbasis Kearifan Lokal Pada Guru-Guru SDN 44 Mataram. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(November), 334–342. Mataram: LPPM Universitas Mataram.
Paramita, G. A. P. P., Gede Agung, A. A., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499
Priansa, D. J., & Setiani, A. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, (November), 289–302.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6007
Siregar, Y. D., & Bahri, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas V SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 408–424. Retrieved from https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1562
Soi, Y., & Aiman, U. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional …, (September), 24–30. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3643%0Ahttp://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/download/3643/3608
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Suryani, Y. A., Utaminingsih, S., & Madjdi, A. H. (2021). Analisis Kelayakan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Demak Untuk Pemahaman Pola Hidup Sehat. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).
Suyanto, B., & Sutinah. (2015). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekata. Jakarta: Kencana.
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi Alpha: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 150. Retrieved from https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa
Syah, M., & Wardan, A. S. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ummah, R., & Mustadi, A. (2018). Developing Reflective Picture Storybook Media To Improve Students’ Tolerance In Elementary Schools. 173(Icei 2017), 280–283. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.73
Uno, H. H. B. (2011). Model pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi aksara.
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.