Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SD Baiturrahman Jember

Siti Aminah, Frisca Nur Kumala Sari, Siti Zumrotun Hasanah

Abstract


Abstract: This article is entitled ascertaining the Principal's Strategy in Improving Student Competence at Baiturrahman Elementary School, Jember. The problem that occurs is the difficulty in creating a culture in the school that supports learning and academic success, in addition to the difficulty that teachers have the skills and knowledge to teach students effectively. In this research using qualitative methods, the informant in this research is a school principal. Data collection techniques include interviewing private observations and documenting research results. The results show that the principal of Baiturrahman Elementary School has. Based on the results and discussion above, it can be concluded that the principal of SD Baiturrahman Jember has several strategies in improving the competence of his students, including the first, cultivating a cultural system or habits within the institution, the second, namely exploring the potential of his students. those who have achievements, the third is providing training to their students. Baiturrahman Elementary School has many achievements even at the national level. The Baiturrahman Elementary School principal also makes efforts to improve teacher professionalism to support his students by holding KKG and training for teachers.

Keywords: Leadership, Principle Strategic of School

Abstrak: Artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SD Baiturrahman Jember.Adpun permasalahan yang terjadi, yakni terjadinya kesulitan dalam mencipatakan budaya di sekolah yang mendukung pembelajaran dan keberhasilan akademik selain itu sulitnya memastikan bahwa guru memeiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengajar siswa seccara efektif. Dalam penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, informan dalam penelitian ini yakni seorang Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data berupa mewawancarai swrta observasi serta dokumentasi hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kepala sekolah Sd Baiturrahman memiliki. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Kepala sekolah SD Baiturrahman Jember memeiliki beberapa strategi dalam meningkatkan kompetensi peserta didiknya, di antaranya yakni yang pertama budayakan ada sistim budaya atau kebiasaan dalam lembaga, yang kedua yakni menggali potensi-potensi akan siswa-siswanya yang memiliki prestasi, yang ketiga yakni memberikan pelatihan terhadap siswa-siswa nya. SD Baiturrahman ini memiliki banyak prestasi bahkan sampai tingkat Nasional. Kepala sekolah SD Baiturrahman juga memiliki upaya-upaya untuk meningkatkan ke profesionalan guru untuk menunjang peserta didiknya dengan diadakannya KKG dan pelatihan terhadap para guru.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Strategi Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Dono, Bagus Eko. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. guepedia, 2021.

Efendi, Ridwan, Kualitas Kepala Sekolah dalam Memajukan Guru ditinjau dari Kemampuan Profesional (Studi Kasus di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu), Bengkulu: IAIN Bengkulu,2014

Gunawan, Heri, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2013

Imanuel, Florentinus Christian, (2015), Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Di Desa Budaya Sungai Bawang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara, Vol. 3 No. 2, eJournal Ilmu Pemerintahan

Murniati, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, Pascasarjana Universitas Ssyih Kuala: Jurnal Adsminitrasi Pendidikan Vol. 3 No. 4 November 2014

Wahyuni, Sri, Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendudikan dan Konseling, vol 5. No 5. TAHUN 2023




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.