Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Jember

Faizatun Ulil Istiqomah, Siti Aminah, Putri Anadatul Ustadzia

Abstract


Abstract: This article is entitled leadership model of school principals as managers in improving the quality of education at SMKN 1 Jember. The problem that occurs is regarding the leadership of the school principal as a manager who uses a collaboration system. This method uses qualitative methods. The informant in this research is the Head of Curriculum. Data collection techniques use interview observation and documentation methods. The data analysis technique in this research uses data reduction, data presentation, verification and data validity. The research results show that the school principal in his leadership uses a collaboration model where decisions must be made with mutual agreement. Educational leadership can begin by understanding that education is one of the important pillars of development and society in this country. School principals as managers have a very important role in improving the quality of education and organization in schools. In every organization, humans are the main factor that is very important when humans enter the world of organizations, that is the beginning of human behavior in the organization. One of the active organizations/communities besides OSIS is a community that teaches students literacy, namely Angkringan Bu As (Fun Books).


Keywords: Leadership, Managers, Quality Of Education


Abstrak: Artikel ini berjudul model kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Jember. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu mengenai kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yang menggunakan sistem kolaborasi. Dalam metode ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Waka kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam kepemimpinannya menggunakan model kolaborasi yang mana dalam mengambil keputusan harus dengan persetujuan bersama. Kepemimpinan pendidikan dapat dimulai dengan memahami bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar yang penting pembangunan dan masyarakat di negara ini. Kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan organisasi di sekolah. Dalam setiap organisasi manusia merupakan faktor utama yang sangat penting ketika manusia memasuki dunia organisasi maka itulah awal perilaku manusia yang berada dalam organisasi. Salah satu organisasi/komunitas yang aktif selain OSIS adalah komunitas yang mengajarkan siswa dalam berliterasi yaitu Angkringan Bu As (Buku Asik).


Kata Kunci : Kepemimpinan, Manajer, Mutu Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Azhar Sophia (2016) Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam), Journal-uin alauddin.ac.id. Volume V, Nomor 1, januari-juni 2016, h. 129

Depdiknas (2000). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Depdiknas

Ekosiswoyo, Rasdi (2016) "Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan." Jurnal Ilmu Pendidikan 14.2 (2016)

Fitriyani Fitriyani (2019) Konsep Organisasi Pendidikan dalam Pemberdayaan Sekolah El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman.

Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Murniyati, Tk, Fadilah Fadlilah, And Samsul Huda. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Mulyasa,E.( 2012). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta : Bumi Aksara.

Munawir Muhammad, Pohan (2018) "Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dan Pemimpin Pendidikan." ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam.

Rahmawati, Ike Kusdyah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rivai Veithzal dan Deddy Mulyadi (2012) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, (Jakarta: Rajawali)

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.