Peran Guru dan Pemahaman Psikologi Anak dalam Pembelajaran

Mardiah Astuti, Mutyati Mutyati, Ibrahim Ibrahim, Rika Rika, Sesi Lia, Windi Kharisma, Diana Triwahyuni

Abstract


Abstract: This research aims to analyze the role of teachers and child psychology in the learning process of third-grade students at State Elementary School 157 Palembang. The method used in this research is qualitative. By using a qualitative descriptive approach, this research is expected to comprehensively describe the roles of teachers and child psychology in learning. Data collection techniques used include interviews, observations, and documentation. The results of this research discuss the roles of teachers and child psychology in the learning process of third-grade students at State Elementary School 157 Palembang. The roles of teachers and understanding child psychology include understanding the characteristics of each student, adopting an approach, and also understanding the conditions that children have in participating in learning activities. Educators are sensitive to the conditions of each of their students and then approach slowly by asking about the difficulties they are facing. In addition to teachers playing a role in the development of child psychology, parents also play a very important role in the development of child psychology, especially at home. The relationship between teachers and parents must be continuous, with good communication and cooperation, to achieve the best goals for the development of child psychology.

Keywords: Teacher Role, Understanding Child Psychology

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan psikologi anak dalam proses pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan secara komprehensif tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang peran guru dan psikologi anak dalam pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 157 Palembang. Adapun peran guru dan pemahaman psikologi anak diantaranya memahami karakter dari setiap peserta didik, mengadakan sebuah pendekatan dan juga harus memahami dari setiap kondisi yang dimiliki anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tenaga pendidik peka terhadap kondisi dari setiap peserta didiknya dan kemudian melakukan pendekatan secara perlahan dengan cara bertanya mengenai kesulitan apa yang sedang ia hadapi. Selain guru yang berperan dalam perkembangan psikologi anak, orang tua juga berperan sangat penting dalam perkembangan psikologi anak terutama di rumah. Hubungan guru dan wali murid haruslah berkesinambungan satu sama lain, dengan adanya komunikasi yang berjalan baik serta kerjasama yang baik, maka dapat mencapai tujuan yang baik bagi perkembangan psikologi anak tersebut.

Kata Kunci:  Peran Guru, Pemahaman Psikologi Anak


Full Text:

PDF

References


Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., Anggraini, T. W., & Fetriasih, R. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 216-225.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1).

Ibrahim, Choirun Niswah, D. I. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Islamiyah Tarbiyah Sekar Jaya Ogan Komering Ulu. Jurnal Dirasah, 6(2), 431–441.

Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(Nomor 1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128

Ibrahim, I., Solekha, M. N., Kanada, R., & ... (2023). Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran. Lencana: Jurnal …, 1(4). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/2255

Ismi, S. F., Ramadhanti, Z. N., & Setiabudi, D. I. (2021). Peran Psikologi Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 15-20.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193-199.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Magdalena, Ina dkk, 2021. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak Publisher.

Mulyasa, H.E, 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurliana, N., & Ulya, M. (2021). Pendidikan anak perspektif psikologi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56-67.

Oktavia, Shilphy Afiattresna, 2019. Sikap Dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta:Penerbit Deepublish.

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.

Roqib, Moh, 2020. Kepribadian Guru. Yogyakarta: CV Cinta Buku.

Safitri, Dewi, 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35-50.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.