MANAJEMEN STRES KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

M Sahrawi Saimima, Edi Ahyani, Elfridawati Mai Dhuhani

Abstract


Abstract (English): The worksystem built by all institutions of Islamic Education Institutions requires every employee and lecturer to work in order to provide excellent service to all stakeholders. With the improvement of good service, there is no doubt that employees or lecturers often feel stress in their work. This study aims to reveal the factors that cause work stress experienced by employees and lecturers at the Faculty of Tarbiyah Sciences and Teacher Training IAIN Ambon. The research method, which was used to streamline this research was to use qualitative research methods, with informants totaling six people selected based on work stress factors they often experienced. The results showed that several factors caused the stress experienced such as work pressure, work dedline, the number of applications, co-worker involvement, the use of elusive applications, and family. Then for his work stress management includes approaching himself to God, making work priority schedules, social support in this case colleagues and family, being firm in work, healing, eating a lot and also exercising.

Keywords: Management; Work Stress; Islamic; Educational Institutions

Abstrak (Indonesia): Sistem kerja yang dibangun oleh semua intitusi Lembaga Pendidikan Islam mengharuskan setiap pegawai dan dosennya untuk bekerja dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh stakeholder. Dengan adanya peningkatan pelayanan yang baik, tak ayal para pegawai atau dosen sering merasakan stres dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor penyebab stres kerja yang dialami oleh pegawai dan dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyan dan Keguruan IAIN Ambon. Metode penelitian, yang digunakan untuk mengefektifkan penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan informan berjumlah enam orang yang dipilih berdasarkan faktor stres kerja yang sering mereka alami. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa faktor penyebab stress yang dialami seperti tekanan pekerjaan, dedline pekerjaan, banyaknya aplikasi, keterlibatan rekan kerja, penggunaan aplikasi yang sukar dipahami, dan keluarga. Kemudian untuk manajemen stres kerjanya meliputi pendekatan diri kepada Allah, membuat jadwal prioritas kerja, dukungan sosial dalam hal ini rekan kerja dan keluarga, tegas dalam kerja, healing, banyak makan dan juga olahraga. 

Kata Kunci : Manajemen; Stres Kerja; Islam; Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Farida Aryani. (2016). Stres Belajar Suatu Pendekatan Dan Intervensi Konseling. Edukasi Mitra Grafika.

Hakim, L., & Sugiyanto, E. (2017). MANAJEMEN STRES KERJA PENGUSAHA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAANDI INDUSTRI BATIK LAWEYAN SURAKARTA. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–17.

Hamzah B. Uno, N. L. N. P. S. (2014). TEORI VARIABEL KEGURUAN PENGUKURANNYA SUATU KAJIAN MENDALAM TENTANG GURU MULAI DARI KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI, DISIPLIN, PRESTASI HINGGA KINERJA GURU. Penerbit Sultan Amai Press.

Lijan Poltak Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Bumi Aksara.

Muhammad Setiyoso. (2018). MANAJEMEN STRES KERJA PADA PENGURUS LEMBAGA PENDIDIKAN DAN SOSIAL ISLAM (LPSI) AL-BAROKAH SURABAYA [TESIS]. MANAJEMEN STRES KERJA PADA PENGURUS LEMBAGA PENDIDIKAN DAN SOSIAL ISLAM (LPSI) AL-BAROKAH SURABAYA.

Nasib Tua Lumban Gaol. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 17–28.

Reppi, B., Sumampouw, O. J., & Lestari, H. (2020). Faktor-faktor Risiko Stres Kerja pada Aparatur Sipil Negara. Sam Ratulangi Journal of Public Health, 1(1), 1–7.

Yuli Asih, G., Hardani Widhiastuti, Ms., & Rusmalia Dewi, P. (2018). STRES KERJA. Semarang University Press.

Yusup, M., Muhammad, S., Saifillah, A., & Faruq. (2021). MANAJEMEN KONFLIK DAN STRES (Orientasi dalam Organisasi) (Zulqarnain, Ed.). Wade Publish.

Zuchri Abdussamad. (2021). Buku Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna, Ed.). CV. Syakir Media Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.