PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PRODUK UMKM SATE TANJUNG DI DUSUN PRAWIRA KEC. TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA)

Menik Aryani

Abstract


Abstract : Fish satay is a processed food product made from fresh fish wrapped with yellow spices made from various spices then grilled using coconut shell charcoal. The purpose of this study was to determine the effect of marketing strategy on consumer buying interest with consumer satisfaction as a moderating variable (a case study of the SME product of sate tanjung in Prawira Hamlet, Tanjung Kec., North Lombok Regency). This research was conducted directly in the field using a survey method aimed at obtaining data on consumer respondents and fish satay traders in the North Lombok region. The results showed that the influence of marketing strategy on consumer buying interest with significant consumer satisfaction on the decision to purchase Tanjung fish satay. The index of consumer buying interest in buying Tanjung fish satay was 649% and the consumer satisfaction index was 327% including the 'satisfied' category. The attributes of the Tanjung fish satay criteria that make consumers satisfied are taste with a satisfaction value of 70% (satisfied), product cleanliness with a satisfaction value of 56% (quite satisfied), cleanliness of the sales place with a satisfaction value of 62% (quite satisfied) and the attractiveness of tanjung fish satay with a satisfaction value of 62% (quite satisfied). Consumers still feel "unsatisfied" with the attributes of the Tanjung fish satay price criteria and the service quality of Tanjung fish satay traders where each of these attributes has a satisfaction value of 48% (less satisfied).
Keywords: The effect of marketing strategy on buying interest and consumer satisfaction
Abstrak : Sate ikan merupakan sebuah olahan produk pangan yang berbahan dasar ikan segar yang dibalut dengan bumbu kuning yang terbuat dari berbagai rempah- rempah kemudian dipanggang menggunakan arang batok kelapa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable moderating(studi kasus produk UMKM sate tanjung di Dusun Prawira Kec. Tanjung Kabupaten Lombok Utara). Penelitian ini dilakukan langusng di lapangan menggunakan metode survey bertujuan untuk mendapatkan data responden konsumen dan pedagang sate ikan di wilayah Lombok Utara,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen dengan kepuasan konsumen signifikan terhadap keputusan pembelian sate ikan Tanjung.Indeks minat beli konsumen membeli sate ikan Tanjung adalah sebesar 649% serta indeks kepuasan konsumen 327% termasuk katagori ‘puas”. Atribut kriteria sate ikan Tanjung yang membuat konsumen puas adalah citarasa dengan nilai kepuasan 70% (puas), kebersihan produk dengan nilai kepuasan sebesar 56% (cukup puas), kebersihan tempat penjualan dengan nilai kepuasan sebesar 62% (cukup puas) dan daya tarik dari sate ikan tanjung dengan nilai kepuasan sebesar 62% (cukup puas). Konsumen masih merasa “kurang puas” dengan atribut kriteria harga sate ikan Tanjung dan kualitas pelayanan pedagang sate ikan Tanjung dimana masing- masing atribut tersebut memiliki nilai kepuasan sebesar 48% (kurang puas).
Kata Kunci : Pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli dan kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Apdillah Firdaus, 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Rumahan. Augusty Ferdinand 2006:129 Indikator-Indikator Minat Beli. Badan Pusat Staistik, 2018:36. PengembanganUmkmDikabupaten Lombok Barat. Basroni Dan Siti Juariyah. 2010. AnalisisKondisiSosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, KecamatanLabuhanMaringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Volume 7 Nomor 1. Bob Sabran 2012:157 Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Firdaus, Afdillah dkk. 2017. Pengaruh Strategi PemsaranTerhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan Surya Mandiri Teropong PT Efa Artha Utama. Jurnal Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Social dan Pilitik Universitas Riau, 4(1), 1-12. Kemedikbud. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Luring. Jakarta: Badan Bahasa Kemendikbud. Kotler 2000 Strategi Pemasaran. PT Surya. Kota Makassar Mahathir, Mohammad, 2017. Pengaruh Strategi PemasaranTerhadapKepuasanPembelian Mobil Mitsubishi Pajero Di Kota Makasar. NuryantiHokmala Dewi 2021 Pengaruh Modal KerjaTerhadapPendapatanUmkmKelompok Usaha Bersama Mata Air Rebut Di Kabupaten Lombok Barat.

Putra, I.N.N.A, Manan, A., Martiningsih, R.S.P., 2019, Mengukur Kinerja BUMDES, Pusat Data Dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Putra, I.N.N.A, Sakti, D.P.B, Nurmayanti, S., Bisma, I.D.G, Setiawati, B.N., 2018, Pengembangan Desa EkowisataMelaluiPenerapan Hospitality Management Pada Pemilik Usaha Jasa di Sembalun. Prosiding PKM- CSR, Vol. 1. Saubihan, 2010. Kuliner Pulau Lombok. PT Airlangga. Kota Mataram Soekatno, 2005 topografi Pulau Lombok PT Airlangga. Kota Mataram Sukenti 2016 Sejarah Pulau Lombok PT Airlangga. Kota Mataram Supriyanto. 2000. ManajemenPemasaran. Yogyakarta : BPFE Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, (2013).ManajemenPemasaran, Jakarta: Rajawali Press Tjiptono, Fandy, manajemenpemasaranjasa, Andi, Yogyakarta,2004 Ujang Sumarwan, (2008). PerilakuKonsumen Teori dan PenerapannyadalamPemasaran, Jakarta: PT. GramediaUtama,




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.8919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.