IMPLEMENTASI PROGRAM KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMKN 3 MATARAM

Haromain Haromain, Rudi Hariawan, Najwa Tsamara

Abstract


Abstract: This research aims to describe the implementation and evaluation of local wisdom programs to strengthen the profiles of Pancasila students. This research uses a qualitative approach with an in-depth research study design. The source of data in this research is key informants determined by purposive sampling from the heads of masters, teachers, and students at SMKN 3 Mataram. Data collection using in-depth interviews with informants by snowball technique, observation, and documentation methods used to collect primary and supporting data that are related to the research object. Data analysis uses interactive case study analysis starting from data collection, reduction, presentation, verification, and conclusion drawing. The result of this research concluded that; (1) the implementation form of the local wisdom program to strengthen the profiles of Pancasila students is conducted in the following ways, such as; Cultural Saturday Program, Market days, and Program Based Learning Project. And (2) the form of evaluation of the local wisdom program to strengthen the profiles of Pancasila students, which is by doing a daily assessment of discipline, implementing ethics, testing the results of environmentally friendly briquettes, and doing an appraisal every 6 months to obtain the response of teachers and students, determining the action plan program for understanding, preserving programs, mastering, and skills to play.

Keyword: Local Wisdom Program, Strengthening Pancasila Student Profile

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi dan evaluasi Program kearifan lokal untuk penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah informan kunci yang ditentukan secara purposive samplingdari unsur kepala sekolah, guru, dan siswa di SMKN 3 Mataram. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam kepada informan secara snowball, observasidan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pokok dan pendukung yang memiliki keterkaitan dengan objek penelitian. Analisis data menggunakan analisis studi kasus model interaktif dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Bentuk implementasi program kearifan lokal untuk penguatan profil pelajar pancasila dilakukan dengan program Sabtu Budaya, Market days, Proyek Program Based Learning, dan (2) Bentuk evaluasi program kearifan lokal untuk penguatan profil pelajar pancasila, yaitu dengan melakukan penilaian harian kedisiplinan, dan penegakan etika, menguji hasil Briquette ramah lingkungan, dan melakukan penilaian 6 bulan sekali untuk memperoleh tanggapan dari para guru dan siswa, menentukan rencana tindak lanjut program untuk pemahaman, pelestarian program, penguasaan, dan keterampilan untuk memainkan produk dan program kearifan lokal.

Kata Kunci: Program Kearifan Lokal, Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Full Text:

PDF

References


Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., & Setiawan, M. (2023). Analysis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341-347.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.

Aries, A. M. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2).

Hapsari, I., Inayanti, N. I., Azizah, S. N., & Dhanti, K. R. (2021). Pelestarian Lingkungan Melalui Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pasirmuncang, Purwokerto. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25-32.

Hariawan, R., Ulfatin, N., AY, M. H., & Arifin, I. (2019). Contributions Management of Parenting and Education Program to Strengthen the Service Three Early Childhood Education Center. International Education Studies, 12(2), 100-108

Haromain (2019). Kajian Budaya dan Iklim Organisasi Pendidikan. Jurnal Visionary. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2019, 101 – 107.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Kemendikbud, dengan judul “Buku Saku Kurikulum Merdeka, Edisi Serba- serbikurikulum merdeka Kekhasan Sekolah Dasar”, “Kurikulum Merdeka” dan “Struktur Kurikulum Merdeka”

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7569-7577.

Kutariani, L. (2023). Implementasi Penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Buzz Groupss Di Sd N 5 Sukasada. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 7(1), 38-49.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). California: SAGE Publication, Inc.

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.

Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287-300

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: Projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Nurmayanti, A., Ismail, M., Sawaludin, S., & Yuliatin, Y. (2023). dengan judul “Implementasi Program Sabtu Budaya Sebagai Penguatan Civic Disposition di SMP Negeri 15 Mataram”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 602-612

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu'adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3),3613-3625.

Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924-6939

Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan Merancang Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sdn 6 Peusangan Selatan Melalui in House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574-1580

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55-63

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., ... & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185-191

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak.Jurnal Basicedu, 7(1), 432-440

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.8472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.