KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK MODEL KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur) DENGAN TEKNIK WDEP DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN AKADEMIK SISWA

Ichwanul Mustakim

Abstract


Abstract

As a student, many burdens are imposed, ranging from academic and non-academic values, participating in various intra and extracurricular activities to add value and expertise, fiber and much more. Of the many tensions that exist, students often experience stress. For this reason, high academic resilience is required to deal with stress. The purpose of this study was to test the effectiveness of the KIPAS Model counseling with self-management techniques to improve students' academic resilience. This research was conducted on class VIII students of junior high school. Pre-experiment, using one group pre-test post-test design. Where the design uses one group that will be used as an experimental group that will be given treatment in the form of a counseling service with the KIPAS model with the Self Management technique. By using a purposive sampling technique, out of 32 students in the class, 8 students were taken as members of the experimental group to participate in group counseling activities. While the method of data analysis using parametric statistic t-test paired samples with SPSS 25 software. The results showed that the KIPAS Counseling Model with Self Management technique was effective in increasing students' academic resilience.

Keywords: Academic resilience; KIPAS model counseling; Self management technique

AbstrakSebagai siswa banyak tuntutan yang dibebankan, mulai dari kebutuhan akademik maupun non akademik nilai-nilai, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler untuk menambah nilai dan keahlian, serat dan banyak lagi. Dari sekian banyak tuntutan yang ada, siswa seringkali mengalami stres. Untuk alasan ini, tinggi ketahanan akademik diperlukan untuk mengatasi stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan konseling Model KIPAS dengan Teknik Self Manajement untuk meningkatkan ketahanan akademik siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP. Pra-eksperimen, menggunakan one group pre-test post-test design. Dimana desain menggunakan satu kelompok yang akan digunakan sebagai eksperimen kelompok yang akan diberikan treatment berupa layanan konseling model KIPAS dengan teknik Self Managemant. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dari 32 siswa di kelas, diambil 8 siswa sebagai anggota kelompok eksperimen untuk berpartisipasi dalam kegiatan konseling kelompok. Sedangkan metode analisis data menggunakan parametrik statistik uji-t sampel berpasangan dengan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Konseling Model KIPAS dengan teknik Self Managemant Efektif meningkatkan ketahanan akademik siswa.Kata kunci:  ketahanan Akademik; konseling model KIPAS; Teknik self management

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Awlawi, AH (2018). Stress Sekolah Peserta Didik pada Fase Perkembangan Dasar. Jurnal syi'ar , 18 (1), 103–115.

Cassidy, S. (2016). Skala Ketahanan Akademik (ARS-30): Multidimensi Baru Membangun Ukuran. Perbatasan di dalam Psikologi , 7 , 1–11.https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Gantina Komalasari, Eka Wahyuni & Karsih, Teori dan Teknik Konseling (Jakarta: Indeks, 2018)

Khotimah, Risfatul., Edward Gagah & Leonardo B Hashiolan. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Produksi Di PT Ungaran Sari Garment. Journal of Management: 1–9

Mappiare. Andi (2017). Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: Kipas (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur) Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Malang (UM)

Rojas, F. L. (2015). Faktor Mempengaruhi Akademik ketangguhan di dalam Tengah Sekolah Siswa: A Kasus Belajar. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Gist , 11 (11), 63–78.

Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Remaja Perkembangan dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak , 2 (1), 39–43.

Yusuf LM, S. (2016). Program bimbingan dan konseling di sekolah, Bandung: Rizqi.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.