PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA
Abstract
Bimbingan kelompok di sekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapat
mengurangi perilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akan
mendapatkan berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsung
memberikan pengalaman di dalam dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
Apakah Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa
Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga tujuan yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah : ingin mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran
2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one
group pre-test post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa angket sebagai metode pokok sedangkan, wawancara, dokumentasi dan observasi
sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Bedasarkan hasil analisis
data dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar
dari nilai t-tabel (t-hitung 5,360 > t-tabel 2,045) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai thitung
yang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif
(Ha) yang berbunyi: Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresif
pada siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 diterima.
Berdasarkan analisis data yang disimpulkan diatas, dilihat dari pengujian hipotesis, maka Ada
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI
IPS SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Agresif
Full Text:
PDFReferences
Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2012. Psikologi
Sosial. Malang: UMM Press.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar
Bimbingan Kelompok. Bandung: PT
Refika Aditama.
Mahmudah, Siti. 2012. Psikologi Sosial:
Teori dan Model Penelitian. Malang:
UIN-MALIKI PRESS.
Nurihsan, 2010. Bimbingan dan Konseling
Dalam Berbagai Latar Kehidupan.
Bandung: PT Refika Aditama
Nurihsan. dkk, 2012. Strategi Layanan
Bimbingan dan Konseling. Bandung:
Refika Aditama.
Prayitno, 1992. Layanan Bimbingan dan
Konseling Kelompok (Dasar dan
Profil), Jakarta : Ghalia Indonesia.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan
Pendukung Konseling. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi
Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu
dan Pengetahuan Empirik. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar
Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling Disekolah. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013: Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Tohirin, 2007. Bimbingan Dan Konseling Di
Sekolah Dan Madrasah (Berbasis
Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
UU RI No. 20, 2003, System Pendidikan
Nasional, Jakarta : Depdiknas.
Yulianto, Herman. 2015. Mau Sehat ?
Hilangkan Sikap Burukmu!. Yogyakarta:
Saufa.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.