PEMANFAATAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENGOLAH DATA STATISTIKA

Agus Jayadi, Zul Anwar

Abstract


Perkembangan Teknologi dan Informasi berjalan begitu pesat.Teknologi tersebut tidak
hanya ditujukan untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi juga ditujukan untuk memudahkan
manusia dalam belajar-mengajara. Salah satu teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk membantu
memudahkan pekerjaan manusia khususnya bidang statistik adalah aplikasi SPSS (statistical program
for social science). Pemanfaatan aplikasi ini dalam pembelajaran matakuliah statistik mutlak
diperlukan guna membantu memudahkan mahasiswa dalam mengolah data pada saat penyelesaian
tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh mahasiswa yang
mengontrak matakuliah statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh angka 3,08
> 2,024 (nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel). Berdasarkan hasil analisis tersebut makaditarik
hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel maka
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh memanfaatan aplikasi SPSS terhadap
peningkatan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data statistik.
Kata Kunci: Aplikasi SPSS dan Statistik


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, Pengantar Statistik

Pendidikan, Jakarta: PT. Raja

Gerafindo Persada.

Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, A.1997. Pengembangan Komputer

Pembelajaran unit II. Surabaya :

Unesa University Press.

Mardiana (2012) “Pengaruh pembelajaran

model Quantum Learning terhadap

hasil belajar pada mata pelajaran IPA

siswa kelas VI SD NW Manggong

Tahun Pelajaran 2011/2012

Mulyanta dan Marlon. 2009. Toritorial

Pembangunan Multimedia Interaktif.

yogyakarta. Universitas Atmajaya

Yogyakarta

Nasution. 2005 Teknologi Pendidikan.

Jakarta. Bumi Aksara

Nasution. SMA. 2003. Metode Research.

Jakarta. Bumi Aksara

Sugiyono, 2010. Metode Penelitin

Pendididkan, Bandung: Alfabeta

Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.