PEMANFAATAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENGOLAH DATA STATISTIKA
Abstract
Perkembangan Teknologi dan Informasi berjalan begitu pesat.Teknologi tersebut tidak
hanya ditujukan untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi juga ditujukan untuk memudahkan
manusia dalam belajar-mengajara. Salah satu teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk membantu
memudahkan pekerjaan manusia khususnya bidang statistik adalah aplikasi SPSS (statistical program
for social science). Pemanfaatan aplikasi ini dalam pembelajaran matakuliah statistik mutlak
diperlukan guna membantu memudahkan mahasiswa dalam mengolah data pada saat penyelesaian
tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh mahasiswa yang
mengontrak matakuliah statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh angka 3,08
> 2,024 (nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel). Berdasarkan hasil analisis tersebut makaditarik
hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel maka
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh memanfaatan aplikasi SPSS terhadap
peningkatan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data statistik.
Kata Kunci: Aplikasi SPSS dan Statistik
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono, Pengantar Statistik
Pendidikan, Jakarta: PT. Raja
Gerafindo Persada.
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta.
Fathoni, A.1997. Pengembangan Komputer
Pembelajaran unit II. Surabaya :
Unesa University Press.
Mardiana (2012) “Pengaruh pembelajaran
model Quantum Learning terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran IPA
siswa kelas VI SD NW Manggong
Tahun Pelajaran 2011/2012
Mulyanta dan Marlon. 2009. Toritorial
Pembangunan Multimedia Interaktif.
yogyakarta. Universitas Atmajaya
Yogyakarta
Nasution. 2005 Teknologi Pendidikan.
Jakarta. Bumi Aksara
Nasution. SMA. 2003. Metode Research.
Jakarta. Bumi Aksara
Sugiyono, 2010. Metode Penelitin
Pendididkan, Bandung: Alfabeta
Bandung.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.