STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPNEGERI 2 BABAT TOMAN

KMS Badaruddin

Abstract


Abstrak: artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di SMPN 2 Babat Toman. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya pelanggaran yang dilakukan siswa, seperti melanggar aturan tata tertib sekolah, berkelahi dan membolos sekolah Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat Teknik pengumpulan data melalui metode obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di SMPN 2 Babat TomanKepala sekolah memiliki beberapa strategi dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didiknya, yaitu adanya aturan tata tertib yang jelas, memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, memberikan pembinaan, komunikasi dengan wali murid, dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar aturan tata tertib sekolah.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, DisiplinSiswa

 

Abstract: This article is entitled The Principal's Strategy in Growing Student Discipline at SMPN 2 Babat Toman. The problems that occur are violations committed by students, such as violating school rules, fighting and skipping school. This research uses qualitative methods. The informants in this study were school principals, deputy principals, teachers, students and the community. Data collection techniques were through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation, verification, and checking the validity of the data. The results of the study show that the principal in cultivating student discipline at SMPN 2 Babat Toman The principal has several strategies in cultivating the discipline of his students, namely the existence of clear rules of conduct, setting a good example for students, providing coaching, communicating with student guardians, and provide sanctions to students who violate school rules and regulations.

Keywords: Strategy, Principal, Student Discipline


Full Text:

PDF

References


Alma,Buchari. (2010). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Amrini, D. (2019). Peran Wali Kelas Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Kelas IVdi SDN 46 Banda Aceh. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Dirawat.(2011). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Fitrah, Muh. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu 3.1 (2017): 31-42.

Imron, Ali. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar, Uray. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10.1 (2013).

Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Murniyati, Tk, Fadilah Fadlilah, And Samsul Huda. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Prihatin, Eka. (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, Ike Kusdyah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Udaya, Jusuf.(2013). Manajemen Stratejik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, Hendro.(2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman.Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 13.2 (2018).




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.