PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATOIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang sering dipraktikkan oleh guru adalah hanya
menyampaikan materi yang ada dalam buku paket serta kurangnya kemampuan dalam
mengaitkan kegunaan matematika dengan kehidupan siswa sehari-hari. Proses pembelajaran
ini mengakibatkan matematika menjadi suatu yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Hal
ini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan akan
mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat
keefektifan pendekatan Mathematic Realistic Education (RME) pada siswa kelas V. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Batu
Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya yang berjumlah 24 orang. Untuk melihat keefektifan
pendekatan RME maka dilakukan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji
ternormalisasi gain. Untuk melihat keefektifan pendekatan RME, maka dilakukan uji
ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji ternormalisasi gain. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa nilai uji rata-rata hitung tabel t > t = 3,742> 1,714, artinya tolak H0, hasil
analisis uji proporsi diperoleh hitung tabel z > z = 1,711 > 1,64, artinya tolak H0, dan hasil analisis
uji banding diperoleh hitung tabel t > t = 3,348 > 1,680 artinya tolak H0.
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Athar. 2012. “Pengembangan Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistik
(PMR) Berbasis Budaya Cerita
Rakyat Melayu Riau”.
Makalah.Seminar Nasional
Matematika dan Pendidikan
Matematika di Jurusan
Pendidikan Matematika FMIPA
Univerisitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta, 10 November 2012.
Gravemeijer. 1999. “Context Problems In
Realistic Mathematics Education:
A Calculus Course As An
Example”. Educational Studies In
Mathematics, Vol. 39. Hal 111-
Heuvel & Panhuizen. 1996. Assessment and
Realistic Mathematics Education.
Utrecht: Freudenthal Institute.
Heuvel & Panhuizen. 2003. “The Didactical
Use Of Models In Realistic
Mathematics Education: An
Example From A Longitudinal
Trajectory On Percentage”.
Educational Studies In
Mathematics. Vol 54.
Kwon. 2010. Conceptualizing The Realistic
Mathematics Education
Approach In The Teaching And
Learning Of Ordinary
Differential Equations. Seoul:
Ewha Womans University.
Sembiring, R.K., Hadi, S., dan Dolk, M.
“Reforming Mathematics
Learning In Indonesian
Classrooms Through RME”.
ZDM Mathematics Education
Vol.40.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.