PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATOIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V

Lalu Jaswandi, M Najamuddin, Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Proses pembelajaran matematika yang sering dipraktikkan oleh guru adalah hanya
menyampaikan materi yang ada dalam buku paket serta kurangnya kemampuan dalam
mengaitkan kegunaan matematika dengan kehidupan siswa sehari-hari. Proses pembelajaran
ini mengakibatkan matematika menjadi suatu yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Hal
ini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan akan
mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat
keefektifan pendekatan Mathematic Realistic Education (RME) pada siswa kelas V. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Batu
Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya yang berjumlah 24 orang. Untuk melihat keefektifan
pendekatan RME maka dilakukan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji
ternormalisasi gain. Untuk melihat keefektifan pendekatan RME, maka dilakukan uji
ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji ternormalisasi gain. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa nilai uji rata-rata hitung tabel t > t = 3,742> 1,714, artinya tolak H0, hasil
analisis uji proporsi diperoleh hitung tabel z > z = 1,711 > 1,64, artinya tolak H0, dan hasil analisis
uji banding diperoleh hitung tabel t > t = 3,348 > 1,680 artinya tolak H0.
Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Athar. 2012. “Pengembangan Pembelajaran

Matematika dengan Pendekatan

Pendidikan Matematika Realistik

(PMR) Berbasis Budaya Cerita

Rakyat Melayu Riau”.

Makalah.Seminar Nasional

Matematika dan Pendidikan

Matematika di Jurusan

Pendidikan Matematika FMIPA

Univerisitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta, 10 November 2012.

Gravemeijer. 1999. “Context Problems In

Realistic Mathematics Education:

A Calculus Course As An

Example”. Educational Studies In

Mathematics, Vol. 39. Hal 111-

Heuvel & Panhuizen. 1996. Assessment and

Realistic Mathematics Education.

Utrecht: Freudenthal Institute.

Heuvel & Panhuizen. 2003. “The Didactical

Use Of Models In Realistic

Mathematics Education: An

Example From A Longitudinal

Trajectory On Percentage”.

Educational Studies In

Mathematics. Vol 54.

Kwon. 2010. Conceptualizing The Realistic

Mathematics Education

Approach In The Teaching And

Learning Of Ordinary

Differential Equations. Seoul:

Ewha Womans University.

Sembiring, R.K., Hadi, S., dan Dolk, M.

“Reforming Mathematics

Learning In Indonesian

Classrooms Through RME”.

ZDM Mathematics Education

Vol.40.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian

Pendidikan, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.