HUBUNGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DENGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara manajemen
mutu terpadu dengan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMPN 1 Praya Barat
Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian
empiris. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru SMPN 1 Praya Barat. Penelitian ini
menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi,
observasi sebagai metode pelengkap, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis
data menggunakan teknik analisis analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa manajemen terpadu berhubungan dengan keterampilan manajerial kepala sekolah
dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 0,471>0,279 . Hal ini berarti bahwa keterampilan
manajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki ikatan penting
dengan berhasilnya manajemen mutu terpadu. Oleh karena itu, peningkatan mutu sekolah
dapat diupayakan melalui peningkatan keterampilan kepala sekolah..
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kartini, K. 2008. Pemmimpin dan
Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Nasution, Nur M. 2015. Manajemen Mutu
Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riduwan. 2008. Metode dan Teknik
Menyusun Proposal Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Sallis, Edwards. 2010. Manajemen Mutu
Terpadu Pendidikan. Jogjakarta:
Ircisod.
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian
Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metedologi Penelitian &
Pengembangan. Bandung:
Alfabeta
Suhardan, Dadang. 2009. Manajemen
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan dan Praktek. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Sukardi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan dan Pratek. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Tim Dosen IKIP Mataram, 2011. Pedoman
Pembimbingan Dan Penulisan
Karya Ilmiyah: IKIP Mataram.
Wahjosumijo. 2002. Kepemimpinan Kepala
Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinaan Kepala
Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Zulhadi. 2009. Perbedaan Kemampuan
Manajerial Kepala Sekolah yang
Tingkat Pendidikan Sarjana dan
Non Sarjana Skripsi. IKIP
Mataram.
http://pondokpesantrenhidayatusalikin.blogsp
ot.com/2015/12/urutan-provinsidengan-
kualitas.html. Diakses
tanggal 21 desember 2016 jam
:25
http://www.radarlombok.co.id/pemerataanguru-
masih-jadi-masalahpendidikan-
ntb.html. Diakses
tanggal 21 desember 2016 jam
:30:
Undang-undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Jakarta:Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.