HUBUNGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DENGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

M Choirul Anam, Mariyati Mariyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara manajemen
mutu terpadu dengan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMPN 1 Praya Barat
Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian
empiris. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru SMPN 1 Praya Barat. Penelitian ini
menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi,
observasi sebagai metode pelengkap, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis
data menggunakan teknik analisis analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa manajemen terpadu berhubungan dengan keterampilan manajerial kepala sekolah
dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 0,471>0,279 . Hal ini berarti bahwa keterampilan
manajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki ikatan penting
dengan berhasilnya manajemen mutu terpadu. Oleh karena itu, peningkatan mutu sekolah
dapat diupayakan melalui peningkatan keterampilan kepala sekolah..
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kartini, K. 2008. Pemmimpin dan

Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Nasution, Nur M. 2015. Manajemen Mutu

Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik

Menyusun Proposal Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Sallis, Edwards. 2010. Manajemen Mutu

Terpadu Pendidikan. Jogjakarta:

Ircisod.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian

Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metedologi Penelitian &

Pengembangan. Bandung:

Alfabeta

Suhardan, Dadang. 2009. Manajemen

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan dan Praktek. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan dan Pratek. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Tim Dosen IKIP Mataram, 2011. Pedoman

Pembimbingan Dan Penulisan

Karya Ilmiyah: IKIP Mataram.

Wahjosumijo. 2002. Kepemimpinan Kepala

Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinaan Kepala

Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Zulhadi. 2009. Perbedaan Kemampuan

Manajerial Kepala Sekolah yang

Tingkat Pendidikan Sarjana dan

Non Sarjana Skripsi. IKIP

Mataram.

http://pondokpesantrenhidayatusalikin.blogsp

ot.com/2015/12/urutan-provinsidengan-

kualitas.html. Diakses

tanggal 21 desember 2016 jam

:25

http://www.radarlombok.co.id/pemerataanguru-

masih-jadi-masalahpendidikan-

ntb.html. Diakses

tanggal 21 desember 2016 jam

:30:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Jakarta:Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.