MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Eneng Garnika, Lu`luin Najwa

Abstract


Persoalan pendidikan selaras dengan tuntutan perkembangan dan menjadi issu
yang menarik untuk diperbincangkan dan dikaji. Masalah pendidikan dihadapkan pada empat
masalah besar, yaitu: masalah mutu, pemerataan, motivasi dan keterbatasan sumber daya,
serta sumber dana. Berbagai masalah pendidikan ini juga dihadapi oleh lembaga pendidikan
anak usia dini. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan perlu menjadi perhatian
khusus, dikarenakan perannya sebagai fasilitator dan pelayan pendidikan. Pendidik dan tenaga
kependidikan perlu diberikan ruang lebih untuk mengupayakan pengembangan
profesionalnya. Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan juga sangat
diperlukan guna menyempurnakan proses penyelenggaraan pendidikan serta menjaga kualitas
mutu pendidikan anak usia dini. Akan tetapi, tantangan besar bagi pendidik dan tenaga
kependidikan PAUD saat ini berasal dari kualifikasi dan juga berasal dari arus gelombang
teknologi dan informasi. Dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan, upaya yang
perlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatan
kualifikasi dan juga diperlukan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari pengawas maupun
pemerintah. Harapannya dengan pengelolaan yang baik terhadap pendidik dan tenaga
kependidikan dapat memacu motivasi kerja guna tercapainya tujuan pendidikan.
Kata Kunci: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mutu PAUD.


Full Text:

PDF

References


Denim. 2016. Inovasi Pendidikan Dalam

Upaya Peningkatan Profesionalisme

Tenaga Kependidikan. Bandung: CV

Pustaka Setia.

Gomes, C. F. 2003. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Yogyakarta: CV

ANDI Offset

Heryati dan Muhsin, 2014. Manajemen

Sumber Daya Pendidikan. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Nata. 2001. Manajemen Pendidikan:

Mengatasi Kelemahan Pendidikan

Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Samsudin. 2010. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Sujiono, N. Y. 2012. Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT Indeks.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yamin dan Sannan. 2013. Panduan PAUD

:Pendidkan Anak Usia Dini. Jakarta:

Referensi.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.