PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN
Abstract
Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada need
assessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guru
berdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yang
dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Guru
membutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.
Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspek
berikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana
(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,
program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harus
memberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, dan
izin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajar
mereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Program
yang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlu
beberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan program
pendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.
Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan
Full Text:
PDFReferences
Beare, H. 2001. Creating the Future School.
London. Rouutledge Falmer.
Castetter, W. B. 1996. The Personnel
Function in Education
Administration Sixth Edition.
New York: Mac Millan Publishing
Co.
Darling, L. H. 2006. Constructing 21st
Century Teacher Education. Journal
of Teacher Education, 57: 300-314.
Dessler, dan Gary. 2006. Manajemen Sumber
Daya Manusia Jilid 1
Edisi Kesepuluh. Jakarta:
Indeks.
Direktorat Profesi Pendidikan Dirjen PMPTK
Depdiknas. 2007.
Pedoman Pemilihan Guru
Berprestasi Tingkat Nasional.Jakarta:
Depdiknas.
Hargreaves, A. 1997. The Four Ages of
Professionalism and
Professional Learning.Unicorn
, 23(2): 86-114.
Hargreaves, A., & Fullan, M. 2000.
Mentoring in the New Millennium.
ProQuest Education Journals,
(1): 50-56.
Joni, R. T. 2006. Revitalisasi Pendidikan
Profesional Guru. Jakarta: Depdiknas.
Mulford, B. 2008. The Leadership
Challenge:Improving Learning in
Schools. Australian Education
Review. Victoria: ACER Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 16 Tahun 2007 tentang
Standar Kualifikasi Akademik
dan Kompetensi Guru.
Schuller, R., & Jackson, S. E. 1987. Personal
and Human
Resources Management. New
York: West Publishing Company.
Siagian, P. S. 2002. Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan
Martabat Guru. Jakarta: Adicita Karya
Nusantara.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.