PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN

Zulfakar Zulfakar

Abstract


Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada need
assessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guru
berdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yang
dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Guru
membutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.
Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspek
berikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana
(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,
program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harus
memberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, dan
izin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajar
mereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Program
yang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlu
beberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan program
pendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.
Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan


Full Text:

PDF

References


Beare, H. 2001. Creating the Future School.

London. Rouutledge Falmer.

Castetter, W. B. 1996. The Personnel

Function in Education

Administration Sixth Edition.

New York: Mac Millan Publishing

Co.

Darling, L. H. 2006. Constructing 21st

Century Teacher Education. Journal

of Teacher Education, 57: 300-314.

Dessler, dan Gary. 2006. Manajemen Sumber

Daya Manusia Jilid 1

Edisi Kesepuluh. Jakarta:

Indeks.

Direktorat Profesi Pendidikan Dirjen PMPTK

Depdiknas. 2007.

Pedoman Pemilihan Guru

Berprestasi Tingkat Nasional.Jakarta:

Depdiknas.

Hargreaves, A. 1997. The Four Ages of

Professionalism and

Professional Learning.Unicorn

, 23(2): 86-114.

Hargreaves, A., & Fullan, M. 2000.

Mentoring in the New Millennium.

ProQuest Education Journals,

(1): 50-56.

Joni, R. T. 2006. Revitalisasi Pendidikan

Profesional Guru. Jakarta: Depdiknas.

Mulford, B. 2008. The Leadership

Challenge:Improving Learning in

Schools. Australian Education

Review. Victoria: ACER Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Nomor 16 Tahun 2007 tentang

Standar Kualifikasi Akademik

dan Kompetensi Guru.

Schuller, R., & Jackson, S. E. 1987. Personal

and Human

Resources Management. New

York: West Publishing Company.

Siagian, P. S. 2002. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan

Martabat Guru. Jakarta: Adicita Karya

Nusantara.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005

tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i2.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.