INTEGRASI KURIKULUM DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA AZ-ZAKIYAH SHAHABIYAH PALEMBANG

Ahmad Zainuri, Yunita Yunita, Ibrahim Ibrahim, Abdul Hadi, Epilia Epilia

Abstract


Abstrak: Pendidikan Diniyah Formal (PDF) merupakan jenis pendidikan yang masih baru dan belum banyak dikenal masyarakat. pengembangan kurikulum perlu dilakukan di satuan pendidikan PDF. Santri PDF dituntut tidak hanya memiliki kompetensi dalam bidang kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi dalam rangka menghadapi kehidupan masyarakat yang terus berubah, mereka dituntut untuk punya kompetensi dalam lifes-skill atau keterampilan- keterampilan yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan kurikulum seperti apa yang dikembangkan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penelusuran dokumen. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah berhasil mengembangkan kurikulumnya tidak hanya dalam penguasaan kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi diorientasikan pada pengembangan life skills. Beberapa kegiatan life skills yang dikembangkan diantaranya teknik komputer, trainingpengurusan jenazah, koperasi, pencak silat, marawis dan seni hadrah. Selain itu juga dikembangkan beberapa kegiatanekstrakurikuler antara lain kelompok bahsul masail, bimbingan bahasa arab, bimbingan khitobah, dan pelatihan manasik haji. Kurikulum PDF Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah relevan dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia pekerjaan saat ini.

Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

References


Agus. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal EduTech. Vol. 5 No. 2.

Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri Ofsett.

Busthomi, Yazidul. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Desa Ganjaran Gondanglegi Malang. Jurnal Pendidikan Islam An-Naba. Volume 5 No. 2, 1.

Dimyati, J. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Dudin, Achmad. (2019). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Pesantren Darussalamciamis Jawa Barat, Journal Dialog. Vol. 42, No. 2.

Hakim, A. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Bandung: CV. Jejak.

Hasan, Hamid. (2019). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Mualim, R., Anshori, A., & Ali, M. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonogiri dan SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2019, Profetika Jurnal Studi Islam, Vol. 20, No. 2.

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin: UIN Antasari.

Salim. (2020). Classroom di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. JNUS: Journal of Nahdlatul Ulama Studies, Vol. 1, No. 1.

Sanjaya, Wina. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2016). Manajemen Penjenjangan Pendidikan Diniyah Formal Pada Pesantren di Kota Bengkulu, 69–77. An-Nizom Journal | Vol. I, No. 2.

Taufik, Ahmad. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Journal el-Ghiroh. Vol. XVII, No. 02.

Wibisono, Yogi. (2019). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Ismuba di SMP Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata, Journal At-Tajdid: Vol. 03 No. 02.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.