Peningkatan SDM Guru Profesional Di Kabupaten Sumbawa Barat Dengan Literasi Baru Guna Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Minten Ayu Larassati, Muhammad Imran

Abstract


Abstrak (Indonesia)

Kompetensi guru profesional di era revolusi industri 4.0 perlu ditingkatkan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan program pemerintah KSB. Melalui DIKBUD bagaimana pemerintah meningkatkan kompetensi guru profesional dengan literasi baru agar siap menghadapi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penelitian jenis field research bersifat kualitatif dengan studi kasus mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Perolehan data dianalisis secara kualitatif dengan model Miles and Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan (1) Strategi peningkatan SDM guru dengan mengeluarkan kebijakan DIKBUD KSB dengan; menaikan indikator ketercapaian bidang pendidikan menjadi literasi baru, regulasi, pemetaan kompetensi guru, analisis hambatan untuk menyusun program, sosialisasi dengan melibatkan pakar yang kompeten, pembinaan, himbauan ,memfasilitasi, membudayakan dan memberdayakan gerakan literasi baru lewat Gugus dan Kelompok Kerja Guru (KKG). (2) Program peningkatan lewat; diklat pelatihan intens untuk guru dan tenaga pendidik tentang literasi baru, mengadakan pembinaan, pengembangan, sosialisasi secara berkelanjutan, lomba-lomba inovasi, pameran atau unjuk kerja Gerakan Literasi Sekolah (GLS), memperbanyak sarana dan prasarana IT, Mendukung komunitas-komunitas penggiat literasi baru, menghilangkan penyakit-penyakit guru seperti gaptek (gagap teknologi) atau kudis (kurang disiplin) melalui pemberdayaan KKG, Penguatan kapasitas guru terhadap kurikulum dan pendampingan dalam peningkatan mutu dan kualitas satuan pendidikan di KSB.


Full Text:

PDF

References


Journals

Anggraeni Helena. 2019. Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).

Ayu Putu Eka Sastrika. 2019. Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Purwadita, 3(3).

Delipiter Lase. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Sudermann. 1(9), 28-43.

Fauzan Rahman. 2018. Karakteristik Model dan Analisa Peluang-Tantangan Industri 4.0, Jurnal PHASTI, 1(4). 1.

Hermanto, F. Y., Sutirman, S., Hidayati, B., & Sholikah, M. 2019. The Need of Practical Teaching in Vocational High School of Automation and Office Management Program, Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 238–248.

Ibda Hamidullah. 2017. Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar, Jurnal SHAHIH, 2(7), 203.

Ibda Hamidulloh. 2018. Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1) 1-19.

M. Iksan Kahar. 2021. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58-78.

Meliantina. 2019. Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(9), 120-139.

Larassat Minten Ayu. 2021. Strategi Kabupaten Sumbawa Menyiapkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(6), 53.

Books

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Rosyada, Dede. 2017. Madrasah dan Profesionalisme Guru, dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2015. Metode Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif,Pendekatan Kualitatif dan RD.Bandung: Alfabeta.

Proceeding

Khasanah Uswatun, Herina Membangu, 2019 Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 1(1).

Monovatra Predy Rezky. 2019. Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia, Prosiding Seminar Nasional Pasca sarjana UNNES. 1119-1125

Oktarina Ririn. 2019. Membangun Budaya Literasi Bar Bagi Guru dan Kepala Sekolah Profesional Pada Era Revolusi Industri 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 1(1).

Muliastrini Ni Ketut Erna, 2019. Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan Sdm/Humanisme) Pada Guru - Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Prosiding Stkip Agama Hindu Amlapura.

Simanjuntak Maria Dewi Ratna, 2019. Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(6), 921 – 929.

Website

Spada Kemendikbud, , “Era Revolusi Industri 4.0: Perlu Persiapkan Literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia,” Berita, (17 Januari 2018), https://spada.kemdikbud.go.id/berita/era-revolusi-industri-4-0-perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Data Pokok Pendidik. https://dapo.kemdikbud.go.id/

Radar Lombok, 25 Juli 2019. Kualitas Pendidikan, NTB Ranking 33 dari 34 Provinsi, https://radarlombok.co.id/kualitas-pendidikan-ntb-ranking-33-dari-34-provinsi.html

Kompas.com, 20 September 2022. "Fitur PBD di Rapor Pendidikan Mudahkan Pendidik Benahi Sekolah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/20/071227471/fitur-pbd-di-rapor-pendidikan-mudahkan-pendidik-benahi-sekolah?page=all

Dokumen Pemerintah yang diterbitkan oleh penerbit dan tanpa lembaga

PEMDA KSB. 2021. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026. KSB: PEMDA Kabupaten Sumbawa Barat.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.