PENERAPAN METODE PEER TEACHING GROUP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA FPOK IKIP MATARAM TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Abstract
Pendidikan jasmani dan olahraga pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik (jasmani) dan olahraga untuk
menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik,
mental serta emosional. Dibutuhkan seorang tenaga pengajar yang berkualitas untuk
bisa melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (class action research) yang menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini adalah
kusioner yang dibagikan kepada mahasiswa disetiap akhir siklus dan didukung
dengan dokumentasi serta observasi langsung oleh peneliti. Analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan model interaktif melalui pengumpulan data, penyajian data,
dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa
jumlah mahasiswa 9 (30%) berkategori cukup, 17 (56,66%) berkategori rendah dan 4
(14,33%) berkategori sangat rendah pada siklus I. Dari 30 mahasiswa yang dijadikan
subyek penelitian dapat diliat 14 (46,66%) mahasiswa yang berkategori cukup, ini
membuktikan adanya peningkatan sebanyak 16,66% dari siklus I. 15 (50%)
mahasiswa berada pada kategori rendah dan tersisa 1 mahasiswa yang berada pada
kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching group dapat meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa FPOK IKIP Mataram.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Peer Teaching Group
Full Text:
PDFReferences
Partusi, Achmad. 2012. Manajemen
Pendidikan Jasmani dan
Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT. Rajawali Pres.
Febru Aries, Erna & Dwi Haryono, Ari.
Penelitian Tindakan Kelas.
Malang: Aditya Media
Publishing.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:
Kencana Prenada Media group.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching
Disertai Dengan Pedoman
Pengalaman Lapangan. Jakarta:
Rajawali Pers.
Mahendra, Agus. 2009. Asas dan
Falsafah Pendidikan Jasmani.
Bandung: Modul Progam Dual
Modes Progam Penjas S1.
Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) Dalam
Pendidikan Jasmani &
Kepelatihan Olahraga. Surakarta:
UNS Press.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.