PENERAPAN METODE PEER TEACHING GROUP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA FPOK IKIP MATARAM TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Andi Anshari Bausad, Arif Yanuar Musrifin

Abstract


Pendidikan jasmani dan olahraga pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik (jasmani) dan olahraga untuk
menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik,
mental serta emosional. Dibutuhkan seorang tenaga pengajar yang berkualitas untuk
bisa melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (class action research) yang menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram. Instrumen penelitian ini adalah
kusioner yang dibagikan kepada mahasiswa disetiap akhir siklus dan didukung
dengan dokumentasi serta observasi langsung oleh peneliti. Analisis data dilakukan
secara kualitatif dengan model interaktif melalui pengumpulan data, penyajian data,
dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa
jumlah mahasiswa 9 (30%) berkategori cukup, 17 (56,66%) berkategori rendah dan 4
(14,33%) berkategori sangat rendah pada siklus I. Dari 30 mahasiswa yang dijadikan
subyek penelitian dapat diliat 14 (46,66%) mahasiswa yang berkategori cukup, ini
membuktikan adanya peningkatan sebanyak 16,66% dari siklus I. 15 (50%)
mahasiswa berada pada kategori rendah dan tersisa 1 mahasiswa yang berada pada
kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode peer teaching group dapat meningkatkan
keterampilan mengajar mahasiswa FPOK IKIP Mataram.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Peer Teaching Group


Full Text:

PDF

References


Partusi, Achmad. 2012. Manajemen

Pendidikan Jasmani dan

Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT. Rajawali Pres.

Febru Aries, Erna & Dwi Haryono, Ari.

Penelitian Tindakan Kelas.

Malang: Aditya Media

Publishing.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta:

Kencana Prenada Media group.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching

Disertai Dengan Pedoman

Pengalaman Lapangan. Jakarta:

Rajawali Pers.

Mahendra, Agus. 2009. Asas dan

Falsafah Pendidikan Jasmani.

Bandung: Modul Progam Dual

Modes Progam Penjas S1.

Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian

Tindakan Kelas (PTK) Dalam

Pendidikan Jasmani &

Kepelatihan Olahraga. Surakarta:

UNS Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.