HUBUNGAN IMPLEMENTASI REINFORCEMENT GURU DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

M Rasyid Ridlo, Kurdianto Kurdianto

Abstract


Reinforcement, motivasi belajar Siswa sangat menunjang sekali di dalam
peroses belajar mengajar, dimana imflementasi reinforcement guru kalau di terapkan
oleh soorang guru akan mampu menciptakan peroses belajar mengajar yang efektif
dan efisien. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada
Hubungan imflementasi reinforcement guru dalam Peningkatan motivasi belajar
siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan Tujuan
Dalam Penelitian ini adalah “Untuk mencari Hubungan Antara imflementasi
reinforcement guru dengan Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya
Timur Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini menggunakan metode angket
sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode pelengkap, yang
menjadi subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas
VIII di SMPN 3 Praya Timur dengan jumlah guru 30 orang dan siswa menggunakan
teknik sampling karena jumlah siswa lebih dari 100, dari hasil penelitian ini
menunjukkan imflementasi reinforcement guru ada hungan dengan Peningkatan
motivasi belajar siswa. Karena r tabel pada tarap signipikan 5 % = 0,361. Sedangkan
r hitung yaitu 0,474 yang menolak hipotesis nihil (Ho), berarti hipotesis kerja (Ha).
Yang berbunyi “Ada Hubungan imflementasi reinforcement guru dengan
Peningkatan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Praya Timur Tahun Pelajaran
2013/2014”. Diterima karena (r hitung >r tabel ) yaitu 0,474>0,361. Sesuai dengan
analisis diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan
“Signifikan”dan hubungannya termasuk dalam katagori sedang.
Kata Kunci: Reinforcement, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan

Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. prosesur penelitian

suatu pendekatan praktik. Jakarta

: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006, Organisasi dan

Administrasi Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan, Jakarta:

Bumi Aksara.

Bahri Saiful Djamarah, 1996, “Strategi

Belajar Mengajar” Penerbit

Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.