STRATEGI KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DU/DI) DI SMK NEGERI 3 MATARAM
Abstract
Strategi merupakan seni untuk mengelola sumber daya agar mampu
mencapai sasaran yang dituju dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalin hubungan
kerjasama, meliputi: Program kerjasama SMK; Mekanisme kerjasama SMK dengan
DU/DI untuk meningkatkan kompetensi lulusan; dan Faktor yang mempengaruhi
hubungan kerjasama SMK dengan DU/DI. Melalui pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah DU/DI, kepala sekolah,
waka humas, dan guru pembimbing pada SMK Negeri 3 Mataram. Hasil penelitian
ditemukan: Program SMK yaitu merumuskan visi dan misi sekolah, penyusunan
kurikulum bersama, dan menjalin kerjasama dengan DU/DI; Mekanisme kerjasama
SMK dengan DU/DI tergambar dari adanya kesepakatan kedua belah pihak dalam
bentuk MOU dalam pelaksanaan prakerin, kerjasama lain adalah guestpeaker,
pelaksanaan uji kompetensi, audiensi dan seminar lainnya; dan faktor yang
mempengaruhi hubungan kerjasama SMKN3 dengan DU/DI dalam meningkatkan
kompetensi lulusan adalah terlihat dari adanya keterlibatan dan komitmen bersama
tenaga personil sekolah dalam penyusunan regulasi dan profil sekolah. Diharapkan
kepada kepala sekolah dan waka humas agar program kerjasama dengan DU/DI terus
dibina secara berkesinambungan, kerjasama yang dilaksanakan dengan dasar MOU
harus disosialisasikan agar kedua belah pihak dapat melaksanakan hak dan
kewajibannya secara tepat guna, kepada SMKN 3 Mataram dan stakeholder agar
lebih komunikatif dalam menjalin hubungan kerjasama dalam meningkatkan
kompetensi lulusan pada SMKN3 Mataram.
Kata Kunci: Strategi Hubungan Kerjasama, Kompetensi Lulusan SMK
Full Text:
PDFReferences
Daud, Darni M. (2013). Dinamika
Pendidikan dalam Tantangan
Global. Yogyakarta: Grafindo
Litera Media.
Engkoswara dan Komariah, Aan. (2011).
Administrasi Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Grafura, Lubis dan Wijayanti, Ari.
(2014). Strategi
Implementasikan Pendidikan
sesuai Kurikulum 2013 di
Jenjang SMK. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Jayuz, Hisyam. (2013). Pengelolaan
Pendidikan Sistem Ganda.
Tersedia [On-line]
http://hisyamjayuz.blogspot.com/
/12/, diakses pada tanggal
Mei 2014.
Murniati AR dan Usman, Nasir. (2009).
Implementasi Manajemen
Stratejik: dalam Pemberdayaan
Sekolah Menengah
Kejuruan. Bandung: Citapustaka
Media Perintis.
Notoatmodjo, Soekirdjo. (2009).
Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru
Pembelajaran: Sebagai Referensi
bagi Pendidik dalam
Implementasi Pembelajaran yang
Efektif dan Berkualitas. Jakarta:
Prenda Media.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah:
Teori Dasar dan Praktik.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan.
(2010). Metodelogi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
SMK Negeri 3 Mataram. (2013). Jurnal
Kegiatan Praktek Industri. Kota
Banda Aceh.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian
Kuantitaif, Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan
UPI. (2012). Manajemen
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta.
Depdiknas. Usman, Husaini dan Akbar,
Purnomo Setiady. (2009).
Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan
Kepala Sekolah: Tinjauan
Teoritik dan Permasalahannya.
Jakarta: Rajawali Pers
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.