MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN DI PONDOK PESANTREN

Rudi Hariawan, Lukmanul Hakim

Abstract


Pondok pesantren (Islamic boarding school) selama ini masih dianggap
sebagai lembaga pendidikan kelas dua yang menjadi pilihan banyak masyarakat
kelas menengah ke bawah, karena pendekatan pembelajaran masih menggunakan
cara konvesional dan fasilitas terbatas, sangat berbeda dengan sekolah/madrasah
negeri (public school) memiliki sumber daya yang memadai. Anggapan ini mulai
berkurang seiring kemampuan pondok pesantren mengelola program pendidikan dan
pondok pesantren sebagai program unggulan yang tidak akan ditemui di sekolah
negeri. Program unggulan untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik
(santriwan/santriwati) dengan keahlian dibidang ilmu agama dan science,
penguasaan bahasa Asing, dan keterampilan dibidang teknologi informasi dan
komunikasi. Pondok pesantren (Islamic boarding school) dapat dikatakan sebagai
model lingkungan pendidikan yang paling tepat untuk membentuk karakter manusia
yang berahlak mulia, cakap dibidang IPTEK, dan mampu serta terampil berbahasa
Asing (Arab dan Inggris). Maka wajarlah jika pondok pesantren YANMU NW Praya
selalu menarik minat masyarakat Lombok Tengah memilih pondok pesantren ini.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Program Unggulan Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

References


Aina, N, Pramono, S.K, dan Subagio.

Pengaruh Kualitas

Layanan, Citra Sekolah, dan

Kepuasan Siswa Terhadap

Loyalitas Siswa di SMK Islam

Sudirman 2 Ambarawa.

Educational Management. 16

(5): 156-162. (online).

(http://journal.unnes.ac.id/sju/

index.php/eduman), diakses 5

februari 2017.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Aneka Cipta:

Jakarta

Dawam, A. dan Ta’rifin, A.

, Manajemen Madrasah

Berbasis Pesantren, cet. 3.

(Jakarta: PT. Lista Farika

Putra).

Dhofier, Z.i 2011, Tradisi

Pesantren. cet. 8, ed. 8,

(Jakarta: LPEES).

Effendi, U.U. 1986. Human Relatiodan

Public Relation dalam

Manajemen. Bandung: Alumni.

Fajar, A. M. 1999. Madrasah dan

Tantangan Modernitas.

Bandung: Mizan.

Haedari, A. (2004a), Masa Depan

Pesantren, dalam Tantangan

Modernitas dan Tantangan

Kompleksitas Global, Jakarta,

IRD Press.

Haedari, A. dan El-Saha, I.

, Peningkatan Mutu

Terpadu Pesantren dan

Madrasah Diniyah. (Jakarta:

Diva Pustaka).

Halim, dkk. 2005. Manajemen

Pesantren. Yogyakarta: Pustaka

Pesantren

Hamalik, O. 2010. Pendidikan Guru:

Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi. Jakarta: Bumi

Aksara.

Marno. & Triyo S. 2008. Manajemen

dan Kepemimpinan Pendidikan

Islam. Bandung: PT Refika

Aditama.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1984.

Analisis Data Kualitatif.

Terjemahan oleh Tjetjep

Rohendi Rohidi. Jakarta: UIPress.

Mujahidah. 2015. Implementasi Teori

Ekologi Bronfenbrenner dalam

Membangun Pendidikan

Karakter yang Berkualitas.

Jurnal Lentera, 15(2): 171-185.

Nawawi, H. 1981. Adminstrasi

Pendidikan. Jakarta: Gunung

Agung.

Soeratman, K. 1989. Dasar-dasar

Konsepsi Ki Hadjar

Dewantara. Yogyakarta:

Majelis Luhur Persatuan Taman

Siswa.

Terry, G.R. 1977. Program Learning

Aid: Principles of Management.

Illions: Richard D. Irwinn, Inc.

Terry, G.R. 1986. Asas-Asas

Manajemen. Alih Bahasa:

Winardi. Bandung: Alumni.

Tilaar. 2000. Paradigma Baru

Pendidikan Nasional. Bandung.

Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. 2014. Manajemen

Pelayanan Jasa. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

http://wiki.aswajanu.com/Pesantren_di_

Propinsi_Nusa_Tenggara_Barat




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v2i1.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.