Memaksimalkan Kuliah Hybrid Online Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Saat pandemi mulai terkendali kegiatan belajar mengajar di sebagian universitas memanfaatkan sistem hybrid. Dengan menggunakan sistem pembelajaran hybrid, kuliah dilakukan secara luring dan daring. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel yaitu sistem pembelajaran hybrid yang saat ini dijalankan oleh Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara memaksimalkan kegiatan perkuliahan hybrid online dari sudut pandang mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan hybrid online dari lokasi masing-masing. Kelebihan kuliah hybrid online menurut mahasiswa adalah perkulliahan dinilai lebih praktis, nyaman, dan fleksibel. Mahasiswa juga menyatakan kuliah hybrid online memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif, menambah ilmu dan keahlian terutama yang berhubungan dengan penggunaan teknologi. Dan yang paling penting kuliah hybrid online memberikan rasa aman, karena mengurangi resiko terpapar wabah. Kekurangan kuliah hybrid online menurut mahasiswa adalah seringnya muncul masalah teknis yang mengganggu kegiatan pembelajaran, adanya gangguan di tempat tinggal yang mengalihkan konsentrasi saat kuliah, kurangnya interaksi sosial baik dengan dosen dan teman-teman, dan terakhir mereka merasa kegiatan pembelajaran dalam kuliah onlie kurang interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Bergstrand, K., & Savage, S. V. (2013). The Chalkboard Versus the Avatar: Comparing the Effectiveness of Online and In-class Courses. Teaching Sociology, 41(3), 294–306. https://doi.org/10.1177/0092055X13479949
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 74. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6074
Erin, E., & Maharani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 337–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.39
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199
Ni, A. Y. (2013). Comparing the Effectiveness of Classroom and Online Learning: Teaching Research Methods. Journal of Public Affairs Education, 19(2), 199–215. https://doi.org/10.1080/15236803.2013.12001730
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Firza Ismi Tsabita, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), 219. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.6840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.