KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Baiq Rohiyatun, Zukipli Zulkipli

Abstract


Berdasarkan salah satu dari empat kompetensi yang dimiliki guru yaitu
kompetensi pedagogik, guru harusnya bisa lebih memahami peserta didiknya baik dari
aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada korelasi
antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Praya
Barat tahun pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi
belajar siswa di SMPN 1 Praya Barat tahun pelajaran 2014/2015. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode
pokok, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus koefesien korelasi
product moment. Dari hasil perhitungan rxy yang dieroleh dalam penelitian ini adalah
0,347, sedangkan nilai rxydalam tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N=44 adalah
0,297 atau (0,347>0,297), kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai ℎ
lebih besar
dari pada
. Maka dapat dikemukakan bahwa Hipotesis Nol (H0) “ditolak” dan
Hipotesis alternatif (Ha) “diterima”. Jadi kesimpulan analisis dalam penelitian ini
adalah: Ada Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar
Siswa di SMPN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi

Guru. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Pasolong, Harbani. 2012. Metode

Penelitian Administrasi Publik.

Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika

Sosilal. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

________. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

________. 2013. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Sukandarrumidi. 2004. Metodologi

Penelitian. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i2.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.