ANALISIS KETERLIBATAN GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (KAJIAN TEORITIS ORGANISASI SEKOLAH)
Abstract
Membuat keputusan dan pemecahan masalah merupakan salah satu peranan yang
harus dimainkan setiap leader dan manajer. Semua fungsi manajemen seperti perencanaan,
pengarahan, dan pengawasan. Kepala sekolah adalah anggota dalam organisasi sekolah yang
secara formal memikul tanggung jawab administrator di sekolahnya. Dalam memikul
tanggung jawabnya, kepala sekolah dihadapkan kepada berbagai masalah yang muncul dalam
rangkaian kegiatan administrasi atau managemen. Masalah itu di samping beragam juga
sangat kompeks sehingga memerlukan pemahaman dan keterampilan untuk menemukan dan
mempertimbangkan sejumlah alternatif pemecahanya ini tidak lain terkait dengan proses
pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yang efektif adalah apabila setiap prosesnya
dilakukan secara cermat dan menghasilkan keputusan yang tepat dalam kaitannya dengan
tujuan organisasi. Dalam organisasi sekolah, untuk dapat menghasilkan keputusan yang tepat,
kepala sekolah dapat melibatkan guru dalam proses penentuan keputusan. Keterlibatan guru
dalam pengambilan keputusan sangat berpengaruh besar dalam peningkatan kualitas guru.
Kualitas tidak hanya dimaknai bahwa guru tersebut semakin banyak menguasai materi dan tehnik
mengajar, tetapi dari segi moral kerja dan motivasi melaksanakan tugas dan tanggung jawab
juga akan berdampak positif. Keterlibatan guru dalam kerjasama pengambilan keputusan
memiliki nilai yang sangat penting karena cenderung akan menghasilkan keputusan
yang lebih berkualitas dari pada keputusan yang bersumber dari seorang individu saja.
Kata Kunci: keterlibatan, pengambilan keputusan, organisasi sekolah
Full Text:
PDFReferences
Hasan, M. I. 2002. Teknik Pengambilan
Keputusan. Jakarta: Ghalia.
Handoko, H., 2001, Manajemen edisi 2,
Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Madah,
Yogyakarta: BPFE
Reksohadiprodjo, S., dan Handoko, H., 2 0
1 . Organisasi Perusahan, Teori, Struktur
dan Perilaku, edisi 2, Fakultas Ekonomi
UGM Yogyakarta: BPFE.
Kamaluddin. 2003. Pengambilan Keputusan
Manajemen. Malang: Dioma Malang.
Rahmad Sukor Ab. Samad & Norliza Shoib.
(2006). Amalan kolaboratif dalam pembuatan
keputusan dalam kalangan guru sekolah
menengah di Kuala Lumpur. Jurnal
Pendidikan. Kuala Lumpur: Universiti
Malaya.
Reksohadiprodjo, S., dan Handoko, H., 2 0
1 . Organisasi Perusahan, Teori, Struktur
dan Perilaku, edisi 2, Fakultas Ekonomi
UGM Yogyakarta: BPFE.
Rivai, V. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku
Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Supana (2006). Hubungan Tingkat
Partisispasi Guru dan Proses Pengambilan
Keputusan Kepala Sekolah Terhadap
Kepuasan guru. Tesis tidak dipublikasikan.
Pascararjana Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Syamsi, I. 2000. Pengambilan Keputusan dan
Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Stoner, J.A.F, & Winkel C., 2003,
Perencanaan dan Pengambilan Keputusan
dalam Manajemen, (alih bahasa: Simamora
Sahat), Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sulthon, M. (2009). Membangun Semangat
Kerja Guru. Yogyakarta: LaksBang.
Ubben, G., Hughes L.W., & Norris C.J.,
, The Principal Creative Leadership
for Excellence in Schools, Boston-USA:
Pearson Education Inc.
Rawis, J.A.M., 2000, Partisipasi Guru
Dalam Pengambilan Keputusan di
Sekolah Menengah Berprestasi (Studi
Kasus pada Sekolah Menengah Umum
Negeri I Manado), Tesis, Malang:
Universitas Negeri Malang.
Yanti. H. (2013). Persepsi Guru Terhadap
Pengambilan Keputusan Oleh Kepala
Sekolah. Jurnal. Bahana Manajemen
Pendidikan Volume 1 No 1 hal 84-461
(2013)
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.