PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR

Hardansyah Hardiansyah, Menik Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah sebagai
motivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Subjek penelitian ini meliputi kepala
sekolah, guru, dan karyawan SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan model interaktif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian
data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala
sekolah sebagai motivator di SMPN 1 Gangga Kab. Lombok Utara yaitu dengan 1)
membuat empat program, yaitu a) memfokuskan pada pengembangan kurikulum dan
kegiatan belajar mengajar di sekolah, b) mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar
dengan membuat program tahunan, program semester, dan rencana program pembelajaran
(yang mengikuti kurikulum terbaru, yakni kurikulum 2013), c) penyediaan sarana dan
prasarana, dan d) menegakkan disiplin di lingkungan sekolah dengan memberikan contoh
hadir tepat waktu pada jam kerja; 2) pelaksanaan program kerja berjalan cukup baik.
Meskipun masih ada kendala, kepala sekolah bersikap tanggap terhadap permasalahan
yang ada dan melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung; 3) kepala
sekolah melakukan evaluasi kinerja guru dan karyawan mulai dari proses pelaksanaan
sampai dengan pembuatan laporan hasil kerja; dan 4) kepala sekolah memberikan reward
kepada guru dan karyawan yang berprestasi berupa ucapan terima kasih maupun berupa
benda.
Kata kunci: Peran, Kepala Sekolah, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E, 2006. Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Wukir, H, 2013. Manajemen Sumber Daya

Manusia Dalam Organisasi

Sekolah. Yogyakarta: Multi

Presindo.

Cholid Narbuko. (2005). Metodologi

Penelitian. Jakarta: PT Bumu

Aksara.

Depdiknas.(2006). Standar Kompetensi

Kepala Sekolah TK, SD, SMP,

SMA, SMK & SLB.Jakarta : BP.

Cipta Karya.

Dewi Irawati. (2013). Pelaksanaan

Komunikasi Koordinatif untuk

Meningkatkan Kinerja Guru dan

Karyawan di SMK

Muhammadiyah

Karangmojo.Skripsi. UNY.

Didin Kurnidin dan Imam Machali. (2013).

Manajemen Pendidikan Konsep

dan Pengelolaan Pendidikan.

Yogyakarta. AR Ruzz Media.

Handari Nawawi. (1995). Administrasi

Sekolah. Jakarta: Gunung Agung.

Handari Nawawi. (2000). Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Gunung Agung.

Handari Nawawi. (2006). Evaluasi dan

Manajemen Kinerja di

Lingkungan Perusahaan dan

Industri. Yogyakarta: Gajahmada

University Press

Lelys Cristina. (2013). Gaya

Kepemimpinan Kepala Sekolah di

SMK Muhammadiyah 1 Tempel

Sleman. Skipsi. UNY

Malayu S.P Hasibuan. (2000). Manajemen

Sumber Daya Manusia,

Yogyakarta: STIE YKPN.

Moh.Surya. (2003). Pengantar Psikologi

Pendidikan, Bandung: FIP-IKIP

Bandung.

Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah

Profesional “ Dalam Konteks

Menyukseskan MBS dan

KBK”.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru

Profesional Menciptakan

Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan .Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.