STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA

Muhammad Faqih

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasil
dalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnya
konstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar sukses
berbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakan
pendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1)
karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif.
Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipe
moral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tipe
regulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasi
karakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderungan
masing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagi
keberhasilan belajar anak.


Full Text:

PDF

References


Neil J. Salkind, 2009. TeoriteoriPerkembanganmanusia.

Penerbit

Nusa Media: Bandung

Stephen Palmquist, 2005.

FondasiPsikologiPerkemabangan.

PenerbitPustakaPelajar: Yogyakarta

Alwisol, 2014. PsikologiKepribadian.

Penerbit UMM Press: malang




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.