Implementasi Budaya Madrasah Berbasis Pesantren dalam Membentuk Karakter Spiritual Peserta Didik

Lukmanul Hakim

Abstract


Dalam konteks membentuk manusia seutuhnya, perlu adanya suatu lembaga
pendidik yang memiliki ciri khas keagamaaan khususnya agama Islam yang disebut
dengan pendidikan pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan madrasah di
dalamnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian
studi multi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan
melalui dua tahap yaitu analisis data kasus individu berupa reduksi data, penyajian data
serta penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data lintas kasus dilakukan dengan
mengkomparasikan temuan-temuan pada masing-masing kasus individu untuk
kemudian dilakukan proposisi temuan penelitian. Hasil penelitian disimpulkan sebagai
berikut: (1) karakteristik budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga terdiri
atas nilai-nilai yang dijadikan pedoman berperilaku individu dan kelompok; (2) peran
dan fungsi budaya madrasah berbasis pesantren dalam melakukan proses transfer ilmu
agama Islam, mencetak kader-kader ulama’, dan mempertahankan tardisi; (3) faktorfator
yang membentuk budaya madrasah berbasis pesantren di kedua lembaga, seperti:
kepemimpinan Tuan Guru, kitab-kitab rujukan umum, dan sisitem nilai (value sistem)
yang digunakan; (4) model pendidikan dalam budaya madrasah berbasis pesantren di
kedua lembaga yaitu model pendidikan keterampilan hidup (life skill); (5) pendekatan
dan langkah-langkah dalam membentuk karakter spiritual peserta didik di kedua
lembaga dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan dengan melibatkan aspek
“knowledge, feeling, loving, and action; (6) menciptakan budaya madrasah berbasis
pesantren melalui kepemimpinan Tuan Guru yang mempekerjakan dan
mempertahankan orang-orang yang berdedikasi tinggi dengan cara berpikir yang sesuai
dengan nilai-nilai yang dianut, dimana Tuan Guru sendiri sebagai model peran; (7)
mengembang-kan budaya pondok pesantren kedua lembaga melalui cerita, ritual,
lambang kebendaan, dan bahasa; (8) mempertahankan budaya di kedua lembaga
melalui seleksi, manajemen puncak, dan sosialisasi; (9) sosialisasi di kedua lembaga
dilaksanakan mulai dari prakedatangan, keterlibatannya, metamorfosis; dan (10)
dampak budaya madrasah berbasis pesantren terhadap eksistensi kedua lembaga
sebagian besar ditentukan oleh konsistensi dan penekan pada pembentukan tata nilai.
Kata kunci: budaya, pesantren, karakter spiritual


Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. 2010. Spiritual Company

“Keserdasan Spiritual

Pembawa Sukses Kampiun Bis

nis Dunia. Jakarta: Arga Publis

hing.

Akdon. 2006. Strategic Management

for Educational Management:

Manajemen Strategik untuk

Manajemen Pendidikan. Bandung:

Alfabeta

Amin, R. 2003. Pencerahan Spiritual

“Sukses Membangun Hidup

Damai dan Bahagia. Jakarta:

Al-Mawardi Prima.

Arif, M. 2008. Pendidikan Islam

Transformatif. Yogyakarta: LkiS

Yogyakarta.

Arifin, I. 1996. Penelitian Kualitatif

(Dalam Ilmu ilmu Sosial dan

Keagamaan). Malang: Kalima

sahada Press.

Buseri, K. 2004. Nilai-Nilai Illahiah

Remaja Pelajar: Telaah Pheno

menalogi dan Strategi

Pendidikannya. Yogyakarta: Ull

Pres.

Creswell, J.W. 2009. Research Design

Wualitative, Quantitative, and

Mixed Method (Third Edition)

Los Angeles: SAGE Publications.

Daryanto dan Darmiatun, S. 2013.

Implementasi Pendidikan Karakter

di Sekolah. Yogyakarta:

Gava Media.

Daulay, H.P. 2001. Historisitas dan

Eksistensi Pesantren, Sekolah dan

Madrasah. Yogyakarta: Tiara

Wacana.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan

Mutu Berbasis Sekolah;

Hady, M.S. 2007. Islam

Spiritual

“Cetak Biru Keserasian Eksistensi”.

Malang: UIN Malang Press.

Hasan, F. 1995. Dimensi Budaya dan

Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem

Pendidikan Pesantren: Suatu

Kajian Tentang Unsur dan Nil

ai Sistem Pendidikan Pesant- ren.

Jakarta: INIS.

Miftachul Hudha, A. 2012. Menjadi

Pribadi Inovatif, Kreatif, dan

Mandiri yang Berspiritualitas.

Malang: Aditya Media.

Milles, M.B. dan Huberman, A.M.

Analisis Data Kualitatif

(BukuSumber tantang Metode

metode Baru). Jakarta: UI

Press.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Mulkhan, A.M. 2002. Nalar Spiritual

Pendidikan Solusi Problem

Filosofis Pendidikan Islam.

Yogyakarta: Tiara Wacana

Yogya.

Ridwan, N.K. 2014. Suluk Gus Dur:

Bilik-Bilik Spiritual Sang Guru

Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi

(Organizational Behavior)

Macanan Jaya Cemerlang.

Rosidin. 2013. Pendidikan Karakter Ala

Pesantren “Terjemahan Adaptif

Kitab Adabul ‘Alim

wal Muta’allim” (Karya K.H.

Hasyim Asy’ari). Malang: Li- tera

Ulul Albab.

Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi,

dan Pendidikan “Menuju

Peradaban Baru”. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuan

titatif, Kualitatif, dan R & D).

Bandung: Alfabeta.

Sulthon, H. M. 2006. Manajemen Pon

dok Pesantren dalam Perspektif

Global. Yogyakarta: Laks-

Bang PRESSindo.

Ulfatin, N. 2014. Metode Penelitian

Kualitatif di Bidang Pendidikan:

Teori dan Aplikasinya. Bayu

Media: Malang.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Wahid, A. 2010. Menggerakkan Tradisi

“Esai-

Esai Pesantren”.

Yogyakarta: PT.

LkiS Printing

Cemerlang.

Yin, R.K. 2013. Studi Kasus: Desain

dan Metode (Case Study Research:

Disign and Met- hods).

Jakarta: Rajawali Pers.

Yukl, G. 2010. Kepemimpinan Dalam

Organisasi (Leadership inOrg

anization) Prentice Hall, Inc: New

Jersy.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.