EVALUASI KINERJA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (Sebuah Studi Pustaka)

M. Ary Irawan

Abstract


Guru sebagai pendidik merupakan ujung tombak dan komponen yang paling
menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat
perhatian sentral, pertama, dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi
sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait
dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru sangat menentukan
keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar-mengajar.
Muncul sebuah pertanyaan, mengapa peningkatan profesionalisme guru tidak
dilakukan secara sungguh-sungguh? Padahal, guru professional akan menghasilkan
proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia
Indonesia yang cerdas dan kompetitif, sebagai diamanatkan dalam Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Salah satu upaya yang dilakukan sekolah
dalam mendukung profesionalisme guru adalah evaluasi kinerja sehingga tercapainya
sekolah yang efektif.
Kata-kata kunci: evaluasi, kinerja, profesionalisme, guru.


Full Text:

PDF

References


Akhmadsudrajat. 2008. Konsep Penilaian

Kinerja Guru. (Error! Hyperlink

reference not valid.).

Aleamoni, L.M. (1981). Student ratings of

instruction. In J. Millman (Ed.),

Handbook of teacher evaluation

(pp. 110-145). Beverly Hills, CA:

Sage.

Depdiknas, 2007. Manajemen Sekolah.

Jakarta: Pusdiklat Depdiknas.

Jennifer M. George, Gareth, R. Jones.

Understanding and Managing

Organizational Behavior. New Jersy:

Pearson Education, Inc., Prentice Hall.

Michael, Armstrong. 2007. Employee

Reward Management And Practice

Second Edition. USA: Kogan Page

London and Philadelphia.

Mulyasa, E. 2008. Manajemen Berbasis

Sekolah. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Peterson, Ken & Kauchak, Don. 1982.

Teacher Evaluation : Perspectives,

Practices, and Promises.

Washington, D.C. : ERIC

Clearinghouse.

Robbins, P. S. 2006. Perilaku Organisasi.

PT. Indeks Kelompok Gramedia.

(Terjemahan: Organizational

Behavior, Tenth Edition by

Prentice-Hall. 2003).

Sagala, S. 2002. Administrasi Pendidikan

Kontemporer. Bandung : CV.

Alfabeta.

Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik

Dalam Peningkatan Mutu

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudarwan, Danim. 2002. Inovasi

Pendidikan dalam Upaya

Peningkatan Profesionalisme

Tenaga Kepandidikan.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Undang Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Fokus Media.

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 14 Tahun 2005 Tentang

Guru dan Dosen. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v1i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.