SOLUSI REALITAS DALAM MENDESAIN PARADIGMA PENDIDIKAN MASA DEPAN

Vendra Ardiansyah, Novi Nuraini, Andi Panjianum

Abstract


Abstract : The purpose of this study is to identify and describe the reality solutions in designing the future educational paradigm. The method used in this research is a literature study and is included in qualitative descriptive research. The researcher tries to examine various literatures about reality solutions in designing future educational paradigms that are sourced from various scientific journal articles and other book sources. This study was carried out through stages, starting with a literature search and then organizing the study followed by a Content Analytic analysis in order to understand reality solutions in designing future educational paradigms. The results of this study are in the form of descriptions of solutions in solving problems faced by future educational paradigms in terms of two aspects of education, namely traditional education and modern education.

Keywords: Solution, Paradigm, Traditional and Modern Education

Abstrak : Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi realitas dalam mendesain paradigm pendidikan masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  ialah  kajian studi literature dan termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti berusaha mengkaji dari berbagai literature tentang solusi realitas dalam mendesain paradigma pendidikan masa depan yang bersumber dari berbagai artikel jurnal ilmiah maupun sumber buku lainnya. Kajian ini dilakukan melalui tahapan tahapan yakni dimulai dari pencarian literature lalu pengorganisasian kajian disambung dengan menganalisis secara Content Analytic guna memahami solusi realitas dalam mendesain paradigma pendidikan di masa depan. Hasil penelitian ini berupa uraian dari solusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi paradigam pendidikan masa depan yang ditinjau dari dua aspek pendidikan yakni pendidikan tradisional dan pendidikan modern.

Kata Kunci: Solusi, Paradigma, Pendidikan Tradisional dan Modern


Full Text:

PDF

References


Alghadari, F., & Kusuma, A. P. (2018). Pendekatan Analogi untuk Memahami Konsep dan Definisi dari Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika II, 113–122.

Amidong, H. H., & Insani, N. M. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Masa Kini dan Masa Depan. Penelitian Universitas Muslim Indonesia Makasar, VII(2).

Hafsyah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pemecahan Masalah Ddfk (Definisi, Desain, Formulasi, Dan Komunikasi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 24–39. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.3

Hasmori, A. A., Sarju, H., Norihan, I. S., Hamzah, R., & Saud, M. S. (2011). Pendidikan , kurikulum dan. Journal of Edupres, 1, 350–356.

Ilmu, F. T., Pai, P., & Vol, J. A. (2017). Penulis adalah dosen Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan (FTIK) Prodi PAI . X(2), 100–111.

Kapoyos, R. J. (2018). Musik Bia : Fungsi Dan Realitas Sosial. 1(1), 15–26.

Muslam, H. (2011). Globalisasi dalam Pendidikan (Desain Kurikumum yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan di Era Globalisasi). Wahana Akademika, 12(3), 4–12.

Ningsih, N. P. D. U. (2021). Masa Depan Kurikulum di Pendidikan Vokasi oleh: Jurnal Lampuhyang, 12(1), 17–35.

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif 2018 Mudjia Rahardjo.

Syafrawi, S. (2018). Paradigma Pendidikan Tradisional Sebagai Modal Pendidikan Transformasional. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(1), 92–100. https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.92-100

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Setiawan, L. D. (2020). Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 4, 432–437.

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa Dan Kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 247–251. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533

Website

https://pdfcoffee.com/pendidikan-tradisional-pdf-free.html




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.