COMMUNITY DEVELOPMENT BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA

Muhamad Suhardi, Zinnurain Zinnurain

Abstract


Abstract: This study aims to evaluate the Community Development Program of the Student Executive Board (BEM) of the Mandalika University (UNDIKMA) for the 2021/2022 term of service by using the Kirckpatrick Four Level evaluation model. The Community Development Program of the Student Executive Board (BEM) of the Mandalika Education University (UNDIKMA) in the form of the Community Development program was carried out in Dasan Agung Village, Selaparang District, Mataram City. This program focuses on education, such as a course for students called Smart School which is held every Sunday from 10.00 WITA to 12.00, and recitation for housewives every Tuesday at 13.00 WITA until 15.00 WITA. UNDIKMA students have several obstacles caused by the relocation of residents who take part in this program as a result of the Mataram City government's policy in regulating urban planning. The UNDIKMA Student Executive Board chose to provide consistency to continue the Community Development program by developing a new strategic plan with the aim of creating participant independence and enabling them to improve their standard of living.

Keywords: Program Evaluation, Community Development, BEM

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Community Development Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) masa bakti 2021/2022 dengan menggunakan model evaluasi Four Level Kirckpatrick. Program Community Development Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) dalam bentuk program Bina Lingkungan dilaksanakan di Kelurahan Dasan Agung Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Program ini fokus pada bidang pendidikan, seperti kursus untuk siswa yang diberi nama Sekolah Cerdas yang diadakan setiap hari Minggu pukul 10.00 WITA hingga pukul 12.00, dan pengajian bagi ibu-ibu rumah tangga pada setiap Selasa pukul 13.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA Bina Lingkungan Badan Eksekutif Mahasiswa UNDIKMA memiliki beberapa kendala yang disebabkan oleh relokasi warga yang mengikuti program ini sebagai dampak dari kebijakan pemerintah Kota Mataram dalam mengatur tata kota. Badan Eksekutif Mahasiswa UNDIKMA memilih untuk memberikan konsistensi untuk melanjutkan program Bina Lingkungan dengan menyusun rencana strategis baru dengan tujuan untuk menciptakan kemandirian peserta dan membuat mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Kata Kunci: Evaluasi Program, Community Development, BEM


Full Text:

PDF

References


Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1-13.http://dx.doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20-%2013

Dehani, M., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2018). Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Jurnal Governansi, 4(1), 45-56.https://doi.org/10.30997/jgs.v4i1.1140

Hasanah, B., & Putri, L. D. (2019). Efektivitas Program Penanggulangan Anak Jalanan Berbasis Community Development di Kota Serang (Studi Pada Program Rumah Singgah). Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 7(2), 81-93.http://dx.doi.org/10.31314/pjia.7.2.81-93.2018

Husain, F. Y., Rachim, F., & Nurpadli, A. M. (2019). Evaluasi Pemahaman SDM Proyek Terhadap Sistem Manajemen Mutu Pada Proyek Pembangunan Gedung Unifa (Studi Kasus: PT. Citra Djadi Nusantara). Jurnal Aplikasi Teknik dan Sains (JATS), 1(1), 1-9.

Khalimi, K., & Sihombing, P. R. (2021). Evaluasi Model Kirkpatrick Pelatihan Persiapan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi pada Pusdiklat SDM. Jurnal Perspektif, 19(2), 184-190.https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11422

Kirkpatrick, L. Donald & James D. Kirkpatrick (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels Third Edition. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers. 2006.

Lubis, Z. (2021). MANAGEMENT OF COMMUNITY DEVELOPMENT DA'WAH: MANAJEMEN DAKWAH PENGEMBANGAN MASYARAKAT. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 4(1), 1-11.https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i1.95

Nyompa, S., Maru, R., & Amal, A. (2020). Analisis Kepadatan Penduduk dengan Tingkat Kemiskinan di Kota Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM.https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11955

Ramadhani, C. F. (2021). METODE KIRKPATRICK DALAM EVALUASI “PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM” DI MUSTIKARASA CAFE & RESTO (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Semen Indonesia).https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2084

Sangadah, S. K., Laut, L. T., & Jalunggono, G. (2020). Pengaruh Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan di Kabupaten Kebumen Tahun 2009-2018. DINAMIC: Directory Journal of Economic, 2(1), 229-243.https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i1.1407

Sopah, F., Kusumawati, W., & Wahyudi, K. E. (2020). Implementasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Umkm Di Kabupaten Sidoarjo. Syntax, 2(6), 27.https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i6.339

Wijayanto, A., & Prasetyo, I. (2018). Evaluasi program pendidikan kewirausahaan masyarakat. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 96-107.https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.14999

Yatmaja, P. T. (2019). Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 10(1), 27-36.https://doi.org/10.23960/administratio.v10i1.93




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.