STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI BISNIS OLEH-OLEH KHAS LOMBOK DITENGAH PANDEMI COVID 19 ( Studi Kasus Pada Toko Oleh-Oleh Sasak Maiq)

Baiq Herdina Septika, Tama Krisnahadi, Menik Aryani

Abstract


Abstract: This study aims to determine the marketing strategy implemented by Sasak Maiq SMEs during the Covid 19 pandemic, especially related to the marketing mix. This study uses a qualitative method, namely a case study that produces descriptive data set out in words. Sources of data in this study using purposive sampling and data collection techniques in this study the authors made a direct visit to UKM Sasak Maiq to conduct personal interviews with the main director, employees and several consumers. The strategy carried out by Sasak Maiq to be able to survive in the midst of the Covid 19 Pandemic is the Bauran 4P (Product, Promotion, Price and Place) mix. Based on the research that has been done, the researcher concludes that there are several strategies used related to the Marketing Mix, namely the product strategy, namely food innovation, the promotion strategy, namely participating in major events related to MSME product exhibitions and sales through social media, the price strategy, namely price discounts, and the marketing strategy. place, namely flexibility in product delivery. Even though there are financial constraints, Sasak Maiq can still find solutions and alternatives, namely by managing finances, namely by product innovation, maximizing social media and maximizing delivery services.
Keywords: Marketing Strategy, Marketing Mix


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan UKM Sasak Maiq selama pandemi Covid 19 khususnya  terkait dengan bauran pemasaran (Marketing Mix). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data- data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke UKM Sasak Maiq untuk melakukan wawancara pribadi dengan Direktur utama, karyawan-karyawan dan beberapa konsumen. Strategi yang dilakukan oleh Sasak Maiq untuk bisa tetap bertahan ditengah Pandemi Covid 19 yaitu Bauran 4P (Product, Promotion, Price and Place).  Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka peneliti menyimpulkaan ada beberapa strategi yang digunakan terkait dengan Marketing Mix yaitu strategi product yaitu inovasi makanan, strategi promotion yaitu mengikuti event-event besar terkait pameran produk UMKM dan penjualan melalui sosial media, strategi price yaitu potongan harga, dan strategi place yaitu fleksibilitas dalam pengiriman produk. Meskipun ada kendala keuangan tetapi Sasak Maiq masih bisa menemukan solusi dan alternatifnya yaitu dengan mengelola keuangan  yaitu  dengan inovasi produk, memaksimalkan media sosial dan memaksimalkan layanan antar atau delivery.  
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 


Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,. Dayat M. 2019. Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’alim, Vol.1 No.2. Evans, Dave dan Jake Mckee.2013. Social Media Marketing: The Next Generation Of Business Engagement. Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management,14th Edition. United States of America : Pearson.Canada: John Wiley & Sons, Inc. Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68 Kotler, P., & Amstrong, G. 2012. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta. Kotler, P., & Nazir, Mohammad, 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: G Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alphabeta Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen (14th ed.). Bandung: Alfabeta. Untari Dewi, Dewi Endah Fajarina. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @ Subur_Batik). Widya Cipta, Vol.2. No.2 Wibowo Hendika Dimas. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Kasus Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 29. No.1 Winarto Hari. 2011. Strategi Pemasaran. Majalah Ilmiah Ekonomi Vol.14.No.3 (109-145




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.