PROBLEMATIKA MANAJEMEN LEMBAGA PAUD DALAM KETERBATASAN TENAGA PENDIDIK SERTA SARANA PRASARANA

Dwi Nur Azizah

Abstract


Abstract: An educator is someone who is entrusted with educating children so that children are able to develop their talents and creativity. Educators in teaching and learning activities are often reffered to as teachers. Fasilities and infrastrukture are media or public facilities in teaching that aim to achieve a condusive, efficient and smooth learning. This study aims to describe the effect of limited teaching staff and infrastrukture in the teaching and laerning process of early childhood. The type of research used is descriptive qualitative. The research method used in this research is a case study conducted by observation, interview and documentation. The result of research conducted at TK Muslimat NU 1 Raudlatul Falah that there are still shortages in the fulfillment of educators and infrastrukture facilities to support teaching and learning activities for early childhood.
Keywords: Educators, Infrastruktur

Abstrak: Tenaga pendidik adalah seseorang yang mendapat amanah untuk mendidik anak- anak agar anak mampu untuk dapat mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Tenaga pendidik dalam kegiatan belajar mengajar sering disebut sebagai guru. Sarana dan prasarana adalah sebuah media atau fasilitas umum dalam pengajaran yang bertujuan untuk tercapainya sebuah pembelajaran yang kondusif, efisien dan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh keterbatasan tenaga pendidik dan sarana prasarana dalam proses belajar mengajar anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Muslimat NU 1 Raudlatul Falah masih mengalami kekurangan dalam pemenuhan tenaga pendidik dan sarana prasarana dalam menunjang kegiatan mengajar anak usia dini.
Kata Kunci: Tenaga Pendidik, Sarana Prasarana


Full Text:

PDF

References


Widiastuti, Ajeng Ayu. Implementasi Standar Sarana dan Prasarana PUAD di Lembaga Tempat PenitipanAnak (TPA).http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/3462

Istiqomah, Laelatul. Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan PAUD. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/1255

Kusyairi,Umi dkk. 2019. Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Nanaeke. Volume 2. Nomor 2. Hal.111Rohiyatun, Baiq dkk. 2021. Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD. Jurnal Visionary. Volume 6. Nomer 1. Hal.1




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.