PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM

Ika Purwaningsih, Oktariani Oktariani, Linda Hernawati, Ratu Wardarita, Puspa Indah Utami

Abstract


Abstract: This article is entitled Education as a System, with the type of qualitative research using a library approach, a library approach, namely a study that uses data analysis based on written materials. Library materials in the form of published notes, books, magazines, newspapers, manuscripts, journals or articles. From the results of the study that education as a system is a unified whole in an education consisting of components that are interconnected with each other in order to achieve the desired goals. The components are basic education, educational goals, educational content, educational methods, tools, educated, educators and goals.
Keywords: education, a system

Abstrak: Artikel ini berjudul Pendidikan Sebagai Suatu Sistem, dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatannya adalah pendekatan kepustakaan, pendekatan kepustakaan yakni kajian yang menggunakan analisis data berdasarkan bahan tertulis. Bahan kepustakaan berupa catatan yang terpublikasikan, buku, majalah, surat kabar, naskah, jurnal ataupun artikel. Dari hasil penelitian bahwa bahwa pendidikan sebagai suatu sistem merupakan suatu kesatuan yang utuh dalam suatu pendidikan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun komponen-komponen tersebut yakni dasar pendidikan, tujuan pendidikan, isi pendidikan, metode pendidikan, alat, terdidik, pendidik dan tujuan.
Kata Kunci: pendidikan, Suatu Sistem


Full Text:

PDF

References


Coombs, P. (1968). The World Educational Crisis. New York: Oxford University Press.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Hardiyanti, Yati. (2011), Komponen-Komponen Pendidikan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Qomar, Mujamil. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. In Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/170196

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tirtaraharja, Umar. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.