Ika Purwaningsih, Oktariani Oktariani, Linda Hernawati, Ratu Wardarita, Puspa Indah Utami
Abstract
Abstract: This article is entitled Education as a System, with the type of qualitative research using a library approach, a library approach, namely a study that uses data analysis based on written materials. Library materials in the form of published notes, books, magazines, newspapers, manuscripts, journals or articles. From the results of the study that education as a system is a unified whole in an education consisting of components that are interconnected with each other in order to achieve the desired goals. The components are basic education, educational goals, educational content, educational methods, tools, educated, educators and goals. Keywords: education, a system
Abstrak: Artikel ini berjudul Pendidikan Sebagai Suatu Sistem, dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatannya adalah pendekatan kepustakaan, pendekatan kepustakaan yakni kajian yang menggunakan analisis data berdasarkan bahan tertulis. Bahan kepustakaan berupa catatan yang terpublikasikan, buku, majalah, surat kabar, naskah, jurnal ataupun artikel. Dari hasil penelitian bahwa bahwa pendidikan sebagai suatu sistem merupakan suatu kesatuan yang utuh dalam suatu pendidikan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun komponen-komponen tersebut yakni dasar pendidikan, tujuan pendidikan, isi pendidikan, metode pendidikan, alat, terdidik, pendidik dan tujuan. Kata Kunci: pendidikan, Suatu Sistem
Coombs, P. (1968). The World Educational Crisis. New York: Oxford University Press.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hardiyanti, Yati. (2011), Komponen-Komponen Pendidikan. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Qomar, Mujamil. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. In Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/170196
Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.