DESKRIPSI KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN PADA UNIVERSITAS “X” DI SURABAYA

Rini Nurahaju, Nurul Sih Widanti

Abstract


Abstract: Education is a service industry that provides services to students in need. The community's need for education has prompted many educational institutions to be established, including from the private sector. The number of universities makes the need for each university to be able to provide the best service for the community, especially for students as consumers. The increasingly fierce competition with universities that open similar study programs both in the state and private sector, increases the urgency of evaluating and improving the quality of education in its services to students. Students are the main customers of the educational process in higher education. Thus, services in a university must be oriented to student satisfaction. Student satisfaction is a situation where students feel a balance between what they expect, namely the cost (cost) they spend to get or return the goods or services they want (return of investment). This research was conducted at the University of "X" as one of the private universities in Surabaya. The purpose of this study is to describe student satisfaction as consumers at the University of "X". Respondents from this study were 434 students from 1 Diploma and 6 Faculties. The concept used to measure satisfaction related to service quality refers to reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible.Based on the results of the study, the description of the satisfaction of the majority of students (40%) as consumers at the University "X" is quite adequate. Meanwhile, in the next order, a number of respondents (29%) rated it less. Some students (17%) rated it good and those who felt satisfaction were very good. the educational services provided at the University of "X" is 9%, while at least students (4%) rate it very less.
Keywords: Student Satisfaction, Education Services


Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu industri jasa yang memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan. Kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, menjadikan banyak lembaga pendidikan yang didirikan, termasuk dari sektor swasta. Banyaknya Perguruan Tinggi menjadikan adanya kebutuhan dari masing-masing Perguruan Tinggi untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama bagi mahasiswa sebagai konsumennya. Semakin ketatnya persaingan dengan perguruan tinggi yang membuka program studi sejenis baik di negeri maupun swasta meningkatkan urgensi evaluasi dan perbaikan mutu penyelenggaraan pendidikan dalam pelayanannya kepada mahasiswa. Mahasiswa merupakan pelanggan utama dari proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Dengan demikian, pelayanan di suatu Perguruan Tinggi harus berorientasi kepada kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa adalah suatu keadaan dimana mahasiswa merasakan adanya keseimbangan antara yang mereka harapkan yaitu besar biaya (cost) yang mereka keluarkan untuk mendapatkan atau pengembalian barang atau jasa yang mereka inginkan (return of investment). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas “X” sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kepuasan mahasiswa selaku konsumen di Universitas “X". Responden dari penelitian ini adalah 434 mahasiswa dari 1 Diploma dan 6 Fakultas. Konsep yang digunakan untuk mengukur kepuasan terkait kualitas jasa memgacu pada reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.Berdasarkan hasil penelitian, deskripsi kepuasan mayoritas mahasiswa (40%) sebagai konsumen di Universitas “X” tergolong cukup Sedangkan urutan berikutnya , sejumlah responden (29%) menilai kurang.Beberapa mahasiswa (17%) menilai baik dan yang merasakan kepuasan sangat baik terhadap layanan pendidikan yang diberikan di Universitas “X” adalah sebesar 9 %, sedangkan paling sedikit mahasiswa (4%) menilai sangat kurang.

Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Layanan Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Kotler. P., Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. (2003). Marketing Management, 11th Edition. Prentice Hall.Inc, New Jersey

Kotler,P& Keller, K.L. (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Leon dan Kanuk. (2004). Consumer behavior, Pearson Prentice Hall, New Jersey

Mowen dan Minor. (2001). Perilaku Konsumen jilid 2, Edisi 5. Erlangga, Jakarta Mujahidin, A., Zuhriah, F., & Khoirianingrum, I. (2018). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro). Al Tijarah, 4(2), 49-66 Sudarya, Y. (2007). Service Quality Satisfaction dalam Layanan Pendidikan: Kajian Teoretis. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1-4.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sutariah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 2(1), 38-47.

Tjiptono, F., Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Zeitharml, V. A. 1990. Delivering Service Quality: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.