PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS EBOOK PADA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUSSIBYAN NW SANGKERANG

Rudi Hariawan, Hadi Gunawan Sakti

Abstract


Abstract: This research is a research on the development of ebook-based teaching materials for Information and Communication Technology (ICT) subjects for grade VII MTs students. Hidayatussibyan NW Sangkerang. The purpose of this study is to help students provide eBook- based teaching materials that are relevant, practical and easy to use for students. This development research method carried out 5 stages of testing, namely: 1) Content Test, 2) Media Test, 3) Design Test, 4) Small Group Test, and 5) Field Test. Based on the results of data analysis, the development of teaching materials based on ICT Subjects for Class VIII uses the Dick & Carey development model whose development process only reaches the ninth stage of development. The results of data analysis concluded that the Development of eBook-Based Teaching Materials for ICT subjects using offline multimedia had a Good (Eligible) qualification.  
Keywords: e-Book-Based Teaching Materials

 
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar berbasis ebook mata pelajaran Teknologi Infromasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa kelas VII MTs. Hidayatussibyan NW Sangkerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memabntu siswa menyediakan bahan ajar berbasis eBook yang relevan, praktis dan mudah digunakan bagi siswa. Metode penelitian pengembangan ini melakukan 5 tahapan uji coba, yaitu: 1) Uji Isi, 2) Uji Media, 3) Uji Desain, 4) Uji Kelompok Kecil, dan 5) Uji Lapangan. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pengembangan bahan ajar berbasis eBook Mata Pelajaran TIK Kelas VIII ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey yang proses pengembangannya hanya sampai pada tahap kesembilan tahap pengembangan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis eBook Mata pelajaran TIK menggunakan multimedia offline memiliki kualifikasi Baik (Layak).  
Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis e-Book 


Full Text:

PDF

References


Aldiyah, E. (2021). Perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Dick ,W.& Carey,L.2001.The Systematic Design of Instruction.USA Harper Collins Publisher.

Marlina, L. (2015). Manajemen sumber daya manusia (sdm) dalampendidikan. Istinbath, 15(1), 18.

Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(1), 68. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200 Rahmawati, S. (2019). Pengembangan bahan ajar e-book pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk smk. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(3), 9.

Sadiman, A. S., & Dkk. (2015). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 9. https://doi.org/doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500

Walpole, Ronald E. 1992. Pengantar Statistika edisi ke -3. Jakarta : PT. Gramadia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.