METODE PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ALTERNATIF METODOLOGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI (BAGIAN-2)
Abstract
Abstract: Research that raises the issue of educational policy can be an interesting and challenging alternative methodology for TTI students. Policy research can be focused on research related to educational programs. One method that can be used for policy research is program evaluation research, which is a combination of research and evaluation methods. Evaluation itself is closer to the word effectiveness, namely the extent to which a program or policy can achieve its goals. When a student wants to research a policy, the program evaluation method is one of the alternative methodologies that can be used. Program evaluation research can be started by first identifying the program to be evaluated, determining the appropriate evaluation model or it can be based on one program component (free model evaluation). The next stage is to prepare an evaluation proposal which contains: 1) introduction, 2) literature review, and 3) research methods. The introduction contains at least 3 things, namely background, problem formulation, and research objectives. The literature review contains three components, namely: 1) conceptual basis, 2) relevant research, and 3) framework of thinking. In the conceptual foundation section, researchers must include the evaluation standards used. The research methods section contains several things, namely 1) the place and time of the research, 2) the type of research, 3) the focus or research variables, 4) data sources and instrumentation, and 5) data analysis methods. The last stage is compiling a report of research results after the research is carried out. This report will contain two parts, namely 1) a description and discussion of the research results, and 2) a closing which contains conclusions and recommendations.
Keywords: Policy Research, Evaluation of Educational Programs
Abstrak: Penelitian yang mengangkat isu kebijakan pendidikan dapat menjadi alternatif metodologi yang menarik dan menantang untuk mahasiswa LPTK. Penelitian kebijakan dapat difokuskan pada penelitian yang terkait program pendidikan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk penelitian kebijakan ini adalah penelitian evaluasi program, yaitu sebuah perpaduan antara metode penelitian dan metode evaluasi. Evaluasi sendiri lebih dekat dengan kata efektivitas, yaitu sejauh mana sebuah program atau kebijakan dapat mencapai tujuannya. Ketika seorang mahasiswa hendak meneliti sebuah kebijakan, metode evaluasi program adalah salah satu alternatif metodologi yang dapat digunakan. Penelitian evaluasi program dapat dimulai dengan terlebih dahulu mengidentifikasi program yang hendak dievaluasi, menentukan model evaluasi yang sesuai atau dapat didasarkan pada satu komponen program (free model evaluation). Tahapan berikutnya adalah menyusun proposal evaluasi yang berisi: 1) pendahuluan, 2) kajian pustaka, dan 3) metode penelitian. Pendahuluan minimal memuat 3 hal, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Kajian pustaka berisi tiga komponen yaitu: 1) landasan konseptual, 2) penelitian relevan, dan 3) kerangka berpikir. Pada bagian landasan konseptual, peneliti harus mencantumkan standar evaluasi yang digunakan. Bagianmetode penelitian memuat beberapa hal, yaitu 1) tempat dan waktu penelitian, 2) jenis penelitian, 3) fokus atau variabel penelitian, 4) sumber data dan instrumentasi, dan 5) metode analisis data. Tahapan terakhir adalah menyusun laporan hasil penelitian setelah penelitian dilakukan. Laporan ini akan memuat dua bagian, yaitu 1) deskripsi dan pembahasan hasil penelitian, dan 2) penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi.
Kata kunci: Penelitian Kebijakan, Evaluasi Program Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Iqbal, Muhammad & Muslim, Ahmad (2020). Metode Penelitian Kebijakan Pendidikan (Alternatif Metodologi dalam Penyusunan Skripsi) Bagian 1, Jurnal Visionary, Volume 5 No 1 tahun 2020, hh. 54 – 61, DOI: 10.33394/vis.v5i1.3125.
Iqbal, M, Suhardi, M., & Muslim, A., (2021). Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Isaac, S. dan Michael, B. W. (1981). Handbook in research and evaluation: for education and the behavioral sciences, 2nd ed. San Diego: EdITS Publishers.
Kaufman, R. & Thomas, S. (1980). Evaluation without fear. New York: New Viewpoints. Miles &Huberman (1992).Analisis Data Kualitatif (diterjemahkanolehTjetjepRohediRosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.
Preedy, Margaret. (1993). Managing the effective school. Liverpool: The Open University
Paul Chapman. Reynolds, D., & Stoll, Lagerweij. (1996). Merging school effectiveness and school improvement. Dalam David R. & Nijs L., et al., (Eds.), Making good schools: linking school effectiveness and school improvement (pp. 94-112). London: Routledge.
Stake, R. E. (1973). The countenance model of educational evaluation. Dalam Worthen, R., B. dan Sanders, R., J. (Eds.). Educational evaluation: theory and practice (pp. 106-125). Ohio: Charles A. Jones Publishing Company. Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/evaluation, diakses pada 21 Oktober 2021. https://www.merriam-webster.com/dictionary/evaluation, diakses pada 21 Oktober 2021.
DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v9i2.4840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan
This Journal has been Indexed by:
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)
Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.