DESAIN PROGRAM SEKOLAH ISLAM TERPADU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM
Restu Wibawa, Hardiansyah Hardiansyah
Abstract
Abstract: Integrated Islamic schools that have emerged in the current era are here to answer the educational challenges that are being faced by society. Of course, the institution has an educational program design that will be carried out. The design of educational programs at each level that will be used as a basis for implementing education is called the curriculum. Integrated Islamic School is a school whose curriculum integrates Islamic values, skills with the national curriculum. The purpose of this study was to describe the program design in an integrated Islamic school by taking research data at SMP IT Al-Qimmah. This research uses a qualitative case study approach. Techniques for collecting data using interviews, observation, and documentation. Then the data analysis techniques are data reduction, data display or data presentation, and conclusion drawing/verification or drawing conclusions. Then analyzed by reducing the data, presenting the data, and making conclusions. The results show that the curriculum design at SMP IT Al-Qimmah places more emphasis on internalizing Islamic values in every content of the national curriculum, without neglecting the national curriculum that has been set by the ministry of education. Process assessment is the main goal created in the learning environment as well as the content of teaching materials that are full of Islamic values. While the purpose of the curriculum design is, so that students have a strong foundation of religious education, which leads to the strength of aqidah and moral perfection. Internalization of Islamic values in integrated Islamic schools is not only done through the subjects taught, but through the design of school activity programs that support the inculcation of Islamic values in students. Keywords: Integrated Islamic School Program Design, Curriculum
Abstrak: Sekolah Islam terpadu yang muncul pada era sekarang ini hadir untukmenjawab tantangan pendidikan yang tengah dihadapi masyarakat. Tentunyalembaga tersebut memiliki rancangan program pendidikan yang akandijalankan. Rancangan program pendidikan pada setiap jenjang yang akandigunakan sebagai pijakan pelaksanaan pendidikan disebut dengan istilahkurikulum. Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang kurikulumnya mengintegrasikan antara nilai-nilai Islam, keterampilan dengan kurikulum nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang desain program di sekolah Islam terpadu dengan mengambil data penelitian di SMP IT Al-Qimmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik mengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yaitu reduksi data, data display atau penyajian data, dan concuslion drawing/verification atau penarikan kesimpulan. Kemudian di analisa dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum yang ada di SMP IT Al-Qimmah lebih menekankan pada internalisasi nilai-nilai Islam dalam setiap muatan kurikulum nasional, tanpa mengenyampingkan kurikulum nasional yang telah ditetapkan oleh kementrian pendidikan. Penilaian proses merupakan tujuan utama yang tercipta dalam lingkungan belajar maupun konten bahan ajar yang sarat dengan nilai-nilai Islam. Sedangkan tujuan dari desain kurikulumnya adalah, agar peserta didik memiliki landasan pendidikan agama yang kuat, yang bermuara pada kekuatan aqidah dan kesempurnaan akhlak. Internalisasi nilai-nilai keIslaman pada sekolah Islam terpadu bukan hanya dilakukan melalui mata pelajaran yang diajarkan, akan tetapi melalui desain program kegiatan sekolah yang mendukung dalam penanaman nilai-nilai Islam pada peserta didik. Kata Kunci: Desain Program Sekolah Islam Terpadu, Kurikulum
Afrizal. (2011). Sistem Manajemen Sekolah Islam Terpadu Menuju Sekolah StandartNasional di Kota Dumai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif KasimRiau. Al-Qalam, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.32678/alqalam.v32i2.553 Atmojo Doso, 2018. Manajemen Kurikulum Islam TerpaduDiSdItAl- FirdausGubugGrobogan Skripsi diterbitkan, Metro: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan KeguruanUniversitasIslam Negeri WalisongoSemarang. Fatkuroji,F. (2012).Kebijakan Pembelajaran Terpadu, dalam meningkatkan Minat Konsumen Pendidikan, Nadwa Jurnal Pendidikan Islam volume 6 nomor 2, oktober 2012. IAIN WalisongoSemarang, (online) dalam Diakses 20 Maret 2021(https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web &cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiT4YDA7ovRAhXEgI8KHUbr A6oQFg). Hardiansyah, 2020. Kontribusi Manajemen Hubungan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Sebagai Implementasi Kurikulum KKNI 4.0. Journal of Education and Instruction 3 (2), 378-384. Hanun Asrohah, A. A. A. (2013). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: KopertaisIV Press.
JSIT, T. (2006). Sekolah Islam Terpadu Konsep dan Aplikasi. Bandung: Syamil CiptaMedia. Muslih Ahmad, 2017. Peranan Sekolah Islam Terpadu Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in YogyakartaSkripsi diterbitkan, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta R. Syarifudin. (2004, April). Memberdayakan Sekolah-sekolah Islam. Republika. Sholihah. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa diSekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 62–73. Susanto, A. (2010). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah. Suyatno, S. (2013). Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi dan Tren BaruPendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 355.https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.355-377 Suyatno, S. (2015). Sekolah Islam Terpadu dalam Peta Sistem PendidikanNasional. Yusup, M. (2017). Eksklusivisme Beragama Jaringan Sekolah Islam Terpadu(JSIT) Yogyakarta. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 13(1), 75–96.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004