Analisis Efektivitas Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hunian Kamar Pada Rinjani Hill Hotel di Masa Pandemi Covid 19
Menik Aryani
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine whether the marketing strategy applied to Rinjani Hill Hotel was effective in increasing room occupancy. The method used in this research is descriptive method, and the population is the guests (customers) who stay at Rinjani Hill Hotel. Determination of the sample in the study using the Yamane formula with a precision level of 10% with a confidence level of 90%, so that the results obtained amounted to 83 people. The sampling technique used is purposive sampling and accidental sampling, using library data collection techniques and field studies which include observation, interviews and questionnaires. And to analyze the data obtained is a single table data analysis technique. The results of this study indicate that the marketing strategy applied to Rinjani Hill Hotel has been effective in increasing room occupancy, as evidenced by the number of full rooms and the number of guests staying and the condition of the hotel, rooms and facilities available in accordance with the wishes and needs of guests (customers). . And it was also found that visitors who stay feel like, happy and satisfied with the services of this hotel. Keywords: marketing strategy, Rinjani Hill Hotel, promotion
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan pada Rinjani Hill Hotel sudah efektif dalam meningkatkan hunian kamar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan yang dijadikan populasi adalah tamu (costumer) yang menginap di Rinjani Hill Hotel. Penentuan sample dalam penelitian menggunakan rumus Yamane dengan tingkat presisi 10% dengan tingkat kepercayaan 90%, sehingga diperoleh hasil berjumlah 83 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampling purposif dan sampling kebetulan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi metode observasi, wawancara dan kuesioner. Serta untuk menganalisis data yang diperoleh adalah dengan teknik analisis data tabel tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada Rinjani Hill Hotel telah efektif dalam menigkatkan hunian kamar, terbukti dari jumlah kamar yang penuh dan banyaknya tamu yang menginap serta kondisi hotel, kamar dan fasilitias yang tersedia telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tamu (customer). Dan ditemukan juga bahwa pengunjung yang menginap merasa suka, senang dan puas dengan pelayanan hotel ini. Kata kunci: strategi pemasaran, Rinjani Hill Hotel, promosi
Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers. Atmoko, Presetyo Hadi dan Widyaningsih, Heni. (2018). Manajemen dan Bisnis Perhotelan. Yogyakarta: Explore. Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta. Jatmiko, Rohmad, Dwi. 2005. Pengantar Bisnis. Cet. Ke 2. UMM Press Malang. Karnelis. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Konsumen menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase, 6(1). Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Kencana Jakarta. Sugiono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta Bandung. Sukirno, Sadono. 2006. Pengantar Bisnis. Cet. Ke 2. Kencana Jakarta. Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Andi Offset Yogyakarta.