PENGGUNAAN MEDIA KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS VII

Mustakim Mustakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihatsecara umum Penggunaan Media Kaligrafi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VII di MTs. Pada tahap pengumpulan data ada beberapa rancangan atau tahapan penelitan yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain Tahap perencanaan (planning) yakni kegiatan perancangan untuk pemecahan masalah. Tahap ini berupa menyusun rancangan tindakan yang menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, di mana, oleh siapa, dan bagaimana tindakan tersebut akan dilakukan. Tahap Pelaksanaan Tindakan (Acting). Dalam hal ini guru bertindak sebagai peneliti, sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran sekaligus pengamat. Pengamatan (Observing). Pada tahap ini, peneliti melakukan pengamatan dan mencatat semua hal yang diperlukan dan terjadi selama pelaksanaan tindakan belangsung. Selanjutnya Refleksi (Reflecting) Refleksi (Reflecting). Selain daripada itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni kaligrafi (khat)yang dilakukandiMTs Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng dimulai dari pemberian motivasi kepada siswa, selanjutnya guru melakukan monitoring. Monitoring dilakukan  dengan cara guru menghampiri satu persatu siswa untuk melihat perkembangan dan kesulitan siswa sebelum guru memberikan contoh tulisanyang benar di buku setiap siswa.   
Kata Kunci: Media Kaligrafi, Prestasi Belajar, Qur’an, Hadis.

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Sadiman, Arif.dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Depdiknas, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional, Jakarta : 2003 Asnawir dan Basyiruddin Usman, 2002. Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers. Suparman, Alwi. 1991. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka. Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Didin Sirojuddin, 2016. Seni Kaligrafi Islam, Bumi Aksara, Jakarta: Amzah. Hadi, Sutrisno. 1981. Metode Penelitian ( Sosial dan Pendidikan ), PT. Bumi Aksara, Jakarta Arikunto, Suharismi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, PT. Alfabeta, Bandung Kunandar, S.Pd.,M.Si, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Abdul Muthalib, Metode Penelitian Pendidikan Islam, Banjarmasin: Antasari Press. Arikunto, Suharsimi dkk, 2007.Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta. Wahidmurni, Nur Ali, 2008 Penelitian Tindakan Kelas (Pendidikan Agama Dan Umum Dari Teori Menuju Praktek, Malang Sugiono,2006.Statistik Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, Lexy. J. Moleong,2002 Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://ahlibahasaarab.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-kaligrafi-dan-jenis jenisnya. diakses pada hari selasa tanggal 19/09/2017 jam 08:00 wita.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.