HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Ani Endriani, Yulianti Yulianti

Abstract


Konsep diri adalah pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, yang berhubungan dengan aspek fisik, sosial dan psikologis, pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, mencakup persepsi individu mengenai karakteristik fisik, melainkan juga penilaian mengenai apa pernah dicapai, dan apa yang dijalani.  Sedangkan rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada ”Hubungan Konsep Diri terhadap  Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara”.? Adapun tujuan dalam penelitian adalah:”Ingin mengetahui Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Tekhnik yang di gunakan dalam penelitian adalah: menggunakan proposional random samplingd. Dengan jumlah populasi 200, sampel25/100x200= 50 orang. jadi jumlah sampel penelitian ini adalah 50 orang. Sedangkan metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitan ini adalah: metode angket sebagai metode pokok sedangkan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan  analisis data  menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis no (Ho) ditolak sebab nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel dengan signifikan 5% (3,070>0,279) dengan demikian Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. signifikan.
Kata kunci: Konsep Diri, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta. Alex sobur.2003.psikologi umum. Bandung : CV Pustaka Setia. Djamarah, S, Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional Https://bawana.wordpress.com/2008/04/19/aspek-aspek-dalam-konsep-diri/ Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Rahmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : RemajaRosdakarya. Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang : Unnes Press. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sudjana, 1992 Media Pengajaran dan Pembuatannya, Bandung: Sinar. Sri Narti, 2014. Medel bimbingan kelompok berbasis ajaran islam untuk meningkatkan konsep diri siswa. Pustaka Belajar.: Yogyakarta. Priansa, D. 2015.Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran; Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta CV




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.