HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA
Ani Endriani, Yulianti Yulianti
Abstract
Konsep diri adalah pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, yang berhubungan dengan aspek fisik, sosial dan psikologis, pandangan dan perasaan kita tentang diri kita, mencakup persepsi individu mengenai karakteristik fisik, melainkan juga penilaian mengenai apa pernah dicapai, dan apa yang dijalani. Sedangkan rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada ”Hubungan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara”.? Adapun tujuan dalam penelitian adalah:”Ingin mengetahui Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Tekhnik yang di gunakan dalam penelitian adalah: menggunakan proposional random samplingd. Dengan jumlah populasi 200, sampel25/100x200= 50 orang. jadi jumlah sampel penelitian ini adalah 50 orang. Sedangkan metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitan ini adalah: metode angket sebagai metode pokok sedangkan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis no (Ho) ditolak sebab nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel dengan signifikan 5% (3,070>0,279) dengan demikian Hubungan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. signifikan. Kata kunci: Konsep Diri, Prestasi Belajar
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta. Alex sobur.2003.psikologi umum. Bandung : CV Pustaka Setia. Djamarah, S, Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional Https://bawana.wordpress.com/2008/04/19/aspek-aspek-dalam-konsep-diri/ Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Rahmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : RemajaRosdakarya. Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang : Unnes Press. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sudjana, 1992 Media Pengajaran dan Pembuatannya, Bandung: Sinar. Sri Narti, 2014. Medel bimbingan kelompok berbasis ajaran islam untuk meningkatkan konsep diri siswa. Pustaka Belajar.: Yogyakarta. Priansa, D. 2015.Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran; Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta CV