PENGARUH KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA ISLAM AL-ASHAR NW KAYANGAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


Kebutuhan kajian tentang kepemimpinan dan kinerja guru di tengah-tengah rendahnya kualitas pendidikan di negeri ini masih sangat diperlukan. Kepala sekolah di masa mendatang dituntut mampu menyelaraskan sumberdaya dan potensi sekolah untuk mencapai kinerja yang tinggi menuju kualitas pendidikan yang lebih baik. Untuk itu tujuan penelitianya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 30 orang guru, jadi dalam penelitian diambil semua populasi, sehingga merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap, metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chi Square. Hasil penelitian bahwa nilai x 2hitung analisis lebih besar dari pada nilai x 2tabel (46,799 > 42,56), Karena x 2hitung lebih besar dari harga x 2tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SMA Islam Al-Ashar NW Kayangan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, sehingga dapat disimpulkan “signifikan”.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Kharismatik, Motivasi Kerja Guru

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Alfian, Alfan. 2009. Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Atin Kurniatin. 2010. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SMAN 8 Kabupaten Tangerang”. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Budiono, dkk. 2004. Metodelogi Research. Bandung: CV. Tarsito.

Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Engkoswara dan Komariah, Aan. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Marshall dan Molly. 2011. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. 2013. (a). Manajemenn dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2013. (b). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakandan Praktis. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2013. Administrasi Pendidikan Konteporer, Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 2013. (b). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statsistik Untuk Penelitia. Bandung: CV. Alfabeta.

Syagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Konteporer. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. 2010. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi II, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan



This Journal has been Indexed by:

 View Visionary Stats

View My Stats

Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan

ISSN: 2656-7653 (online) / 2503-4669 (Print)

2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure
2656-7563 (Online) / 2503-4669 (Print)

Protect and Secure Your WiFi : https://bit.ly/vpn_secure

Published by: Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.